11 Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas, Agar Kantuk Tak Mengganggu Perjuangan Anda

Lihatlah orang-orang sukses, mereka bisa mengurusi umat, mengurusi bisnis, mengurusi keluarga, berolahraga, membaca, menulis, dan aktif di social media. Heran, kok bisa begitu sih? Yah, informasi ini sering saya dapatkan, dari asistennya seseorang yang cukup terkenal. Kemudian, salah satu hal yang saya kagumi dari beliau adalah, ternyata, beliau tidurnya nggak lama.

Sedangkan kita, kerap sekali usaha-usaha kita demi pencapaian impian kita, kurang optimal, karena kerap mengantuk, kemudian cenderung tidur cukup lama. Apalagi kadang ada juga yang gara-gara ngantuk terus, jadinya dia suka emosian, cepat lupa, dan lain-lainnya.

Nah, berikut ini, adalah 11 kebiasaan orang-orang sukses, sehingga mereka bisa memilki kualitas tidur yang baik.

1. Jangan Makan Sebelum Tidur

Waktu terakhir Anda untuk makan adalah 4 jam sebelum tidur. Misal, rencananya pingin tidur jam 11 malam nih. Maka, batas akhir Anda makan itu jam 7. Lewat dari itu, sebaiknya jangan. Apalagi kalau cuman ngemil-ngemil doang.

Karena, misal, kalau Anda ada makan jam 10, kemudian tidur jam 11. Maka, makanan di dalam tubuh Anda akan diproses selama sekitar 4 jam. Sistem pencernaan tubuh Anda pun tetap bekerja meskipun Anda tetap tidur. Hal ini membuat tubuh Anda akan bertambah capek, sehingga Anda butuh waktu tidur yang lebih.

Coba kalau misalnya Anda terakhir makan itu jam 7, insya Allah jam 11 itu udah selesai bekerja pencernaan Anda. Jadinya pas Anda tidur, tenaga Anda bisa pulih lebih segera, dan jadinya bangun lebih segera.

2. Hindari Kafein Sebelum Tidur

Kafein itu kan termasuk stimulan. Jadi, bisa membantu tubuh Anda agar bertambah energinya, kemudian menjadi lebih melek.

Kadang ada orang yang kebiasaan minum minuman berkafein sebelum kerja, pas lagi mau begadang. Tapi, besok-besok, dia minum minuman berkafein juga pas lagi nggak mau begadang. Udah jadi kebiasaan soalnya. Nah, kendalikanlah kebiasaan itu. Minum kafein kalau masih mau lama tidurnya. Kalau udah mau tidur, jangan.

Artikel Lainnya:  11 Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa

3. Jangan Sering Berbaring

Berbaringlah hanya kalau Anda memang lagi mau tidur. Kalau belum mau tidur, jangan. Kerap orang ntah karena memang dia kecapaean, atahau iseng, dia berbaring sebentar. Eh, tahu-tahu ketiduran. Terus rada mengeluh, harusnya jangan tidur, karena masih banyak kerjaan yang belum beres.

Sekiranya niat Anda pingin istirahat sebentar karena capek, coba duduk-duduk saja. Bisa senderan juga mungkin.

Atau, sekiranya pun Anda memang lagi capek banget, pingin tidur sebentar aja, ntah 15 menit gitu, berbaringnya jangan di kasur, atau di tempat Anda biasa tidur. Coba berbaring di karpet aja kali. Karena tubuh Anda sudah merekam, sekiranya Anda berada di kasur, berarti Anda siap untuk tidur.

4. Matikan Lampu Ketika Tidur

Kalau lampu Anda hidup terus ketika tidur, bisa mengambar proses metabolisme Anda. Yang notabene merupakan salah satu pemicu diabetes. Dan seperti yang kita ketahaui, kalau gula darah kita semakin tinggi, makan akan lebih mudah ngantuk. Apalagi, Rasulullah pun sudah dari jauh-jauh hari menyarankan kita untuk memadamkan lampu ketika tidur. Sunnah.

5. Jangan Kebanyakan Tidur

Banyak yang bilang bahwa durasi tidur yang normal itu 6-8 jam. Benarkah? Iya, bener, kalau pola makan kita tak sehat. Kalau pola makan kita sehat, seperti halnya Rasulullah dan para sahabat, insya Allah tidur 3-5 jam, Anda tetep fit. Makanya mereka bisa rutin tahajjud, mengkaji, mendakwahkan, menyusun strategi, dan lain-lainnya.

Jadi, cobalah beralihlah pada pola makan yang sehat. Supaya tubuh Anda cukup tidur sekitar 3-5 jam.

6. Rencanakan Persiapan Besok Harinya

Berpikir dalam rangka mengorganisir sesuatu sebelum termasuk langkah yang bagus. Karena, ketika Anda tidur, otak akan berpikir untuk mengatasi masalah-masalah yang belum Anda selesaikan saat mengoranisir agenda tadi.

Artikel Lainnya:  6 Cara Menambah Nafsu Makan Orang Dewasa

7. Olahraga Rutin

Dengan rutin olahraga, supply oksigen akan sampai pada seluruh tubuh Anda. Sehingga, Anda tidak mudah mengantuk. Olahraga ringan pun boleh. Seperti jogging pada pagi atau sore hari misalnya.

8. Minum Air Putih yang Cukup

Kalau kurang minum, bisa kena dehidrasi ntar. Kalau udah dehidrasi, Anda jadi lebih mudah lelah, kemudian Anda pun mengantuk.

9. Kondisikan Suasana

Gantilah pakaian yang biasa Anda pakai untuk beraktivitas di luar, dengan pakaian tidur. Seperti piyama misalnya. Mungkin, bisa juga Anda pakai bantal, guling, selimut, dan lain-lain sebagainya.

10. Bersyukur

Dengan bersyukur, Anda jadi berbahagia. Maka ingat-ingatlah, apa saja yang sudah terjadi hari ini. Kemudian, syukurilah. Ketika Anda dalam kondisi bahagia, Anda akan lebih tenang dalam beristirahat.

11. Tulis Impian Anda di Tempat yang Sering Anda Lihat

Yah, itu akan memacu Anda untuk segera bangun, dan tidak berlama-lama di kasur. Ntah itu Anda tempel dinding kamar Anda, atau di HP, atau di laptop.

Ada Lagi?

Barangkali Anda juga punya tips-trik yang efektif, supaya tidur Anda jadi nyaman? Enak nih kalau Anda share apa aja tuh cara-caranya, di kotak komentar di bawah ini, hehehe..

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar