17 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan, yang Jarang Sekali Diketahui

Ada sebuah komunitas, yang mereka itu semua rutin meminum teh hijau. Namun, ketahuilah, mereka itu hobi minum teh hijau, bukan karena rasanya! Melainkan karena memang khasiatnya bagus buat mereka. Tepatnya, karena manfaat teh hijau itu manjur banget buat menjaga berat badan mereka.

Nah, maka dari itu, cobalah kita kenali lebih dekat lagi tentang teh hijau ini, serta segala manfaat yang terdapat di dalamnya.

Berikut ini 17 manfaat teh hijau yang tidak Anda ketahui.

1. Merupakan Minuman Kesehatan yang Legend

Teh hijau ini termasuk minuman sehat yang legend nih. Heheh!Soalnya, dia udah sekitar ribuan tahun dipakai sebagai obat, di Cina. Lebih luasnya lagi, dalam lingkup Asia, teh hijau juga kerap digunakan menurunkan tekanan darah, dan mencegah kanker.

2. Lebih Bagus Daripada Teh Hitam

Malahan, teh hijau ini jauh lebih banyak manfaatnya daripada teh hitam. Karena kan kalau teh hitam itu diproses dengan cara fermentasi, sedangkan teh hijau nggak. Jadinya, teh hijau lebih unggul jumlah antioksidan dan poly-phenolnya.

3. Membantu Proses Diet & Menurunkan Berat Badan

Teh hijau bisa bantuin Anda agar metabolisme tubuh Anda meningkat. Kenapa, soalnya, ada polifenol di dalamnya, yang senantiasa bekerja untuk mengintensifkan tingkat oksidasi lemak, sehingga proses pengubahan makanan menjadi kalori di tubuh Anda menjadi cepat banget. Itu sebabnya, sangat membantu proses diet dan menurunkan berat badan Anda.

4. Mencegah dan Mengurangi Resiko Diabetes

Teh hijau ini juga bermanfaat untuk mengatur kadar glukosa di dalam tubuh, sehingga proses kenaikan gula darah pun jadi diperlambat. Selain itu, juga berkhasiat untuk mencegah lonjakan insulitun yang tinggi,, dan menghasilkan penyimpanan lemak.

5. Mencegah dan Mengurangi Resiko Sakit Jantung

Teh hijau bekerja di dalam saluran pembulu darah, untuk menjaga supaya tetap aman, serta menahan perubahan tekanan darah. Sekaligus, melindunginya dari pembentukan gumpalan darah, yang notabene merupakan penyebab utama serangan jantung.

Artikel Lainnya:  3 Cara Menambah Berat Badan Bayi

6. Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker Esofagus

Hebatnya, manfaat teh hijau ini bisa membunuh semua sel kanker, tanpa merusak jaringan-jaringan di sekitarnya.

7. Mencegah dan Mengurangi Resiko Kolesterol

Teh hijau itu juga berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah, sehingga menigkatlah rasio antara kolesterol baik dibandingkan kolesterol jahat.

8. Mencegah dan Mengurangi Resiko Alzheimer dan Parkinson

Memang ada penelitiannya yang dicoba pada tikus. Hasilnya, ternyata teh hijau ini bisa melindungi sel-sel otak dari kematian, bahkan juga mengembalikan sel-sel otak yang udah rusak.

9. Mencegah dan Mengurangi Resiko Infeksi Tenggorokan dan Kerusakan Gigi

Setelah diteliti, rupanya di dalam teh hijau ini terdapat antioksidan kimia “catechin”, yang mana bisa menghancurkan bakteri-bakteri dan virus-virus, yang notabene dapat menyebabkan infeksi tenggorokan, kebusukan gigi, dan penyakit lainnya pada gigi.

10. Mencegah dan Mengurangi Resiko Depresi

Karena di dalam teh hijau ini, terdapat sebuah asam amino khusus, yakni theamine. Theamine ini merupakan zat yang telah diperkirakan bisa memberikan efek santai dan penenang.

11. Sebagai Anti-virus dan Anti-Bakteri

Cathecins yang ada di dalam teh hijau sangatlah kuat sebagai anti-virus dan anti-bakteri. Jadinya, cukup efektif mengobati segala gangguan akibat serangan influenza hingga kanker. Malahan ada hasil penelitan, bahwa teh hijau ini beneran teruji dapat menghambat penyebaran beraneka macam penyakit.

12. Membantu Perawatan Kulit

Khasiat dari teh hijau ini juga bermanfaat untuk membantu mengurangi kerutan kulit dan tanda-tanda penuaan. Karena, ada antioksidan dan aktivtas anti-inflamasinya. Bahkan, sudah dicoba, bisa mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.

13. Mencegah dan Mengurangi Resiko Dehidrasi

Memang, dengan meminum beberapa cangkir teh hijau ini, cukup efektif untuk meningkatkan cairan tubuh. Malahan ada juga hasil penelitiannya ketika tahun 2011, yang dipublish di British Journal of Nutrition, ternyata teh hijau yag diminum sebanyak enam cangkir dalam sehari, bisa mengurangi kemungkinan mengalami dehidrasi.

Artikel Lainnya:  Obat Penggemuk Badan Tradisional Cepat: Madu Al-Mabruroh Penggemuk Badan

14. Membersihkan Wajah dari Jerawat, Minyak, dan Kotoran yang Sangat Menempel

Antioksidan spesial yang terdapat pada teh hijau, juga bermanfaat untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang sangat menempel pada wajah.

15. Meningkatkan Konsentrasi Kerja

Yaps, otomatis, zat-zat yang dipapatkan di atas tadi, jadi bisa meningkatkan konsentrasi kerja, sehingga tidak mudah buyar.

16. Mencegah dan Mengurangi Resiko Kebotakan

Kebotakan terjadi karena lemahnya akar dan batang rambut seseorang. Nah, untungnya, teh hijau ini membantu rambut kita ber-re-generasi dengan cepat.

17. Banyak Mengandung Nutrisi Penunjang

Yang hebatnya, dalam teh hijau ini juga terdapat banyak asam folat, flavonoid, kalium, mangan, seng, vitamin B1, B2, dan B6.

Yah, kurang-lebih, itu 17 manfaat dan khasiat teh hijau. Untuk menggali informasi lebih lanjut, mungkin bisa kita diskusikan dengan para ahli di bidang kesehatan, kimia, atau sebagainya. Termasuk pula, soal berapa banyak teh hijau yang dibutuhkan untuk mendapatkan efek-efek di atas. Serta, apakah mungkin ada sebagian kalangan yang belum cocok meminum teh hijau ini, karena hamil, ada penyakit tertentu, dan sebagainya.

Barangkali, Anda punya pengetahuan lebih terkait teh hijau ini? Boleh dong share ke kita-kita melalui kotak komentar di bawah ini. 🙂

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar