10 Hal yang Harus Dikasihani Pada Pekerja Shift Malam & Tukang Begadang

Haruslah kita iba, terhadap orang yang sering begadang. Ntah itu karena dia karyawan yang kerja shift malam, mahasiswa yang banyak tugas, freelance yang kebanjiran order, atau karena perihal lainnya, yang memang tidak bisa ia hindari, ia harus begadang.

Hmm.. ngomong-ngomong, apakah Anda termasuk mereka sang tukang begadang sejati? Sekiranya memang iya, ada baiknya ada simak artikel ini, kemudian Anda share nanti ke teman-teman Anda di facebook, twitter, maupun social media lainnya. Agar mungkin bisa memudahkan teman-teman dan kenalan Anda bisa berempati dengan keadaan Anda, dan paham bagaimana perasaan Anda..

Nah, berikut ini detail 10 hal malang yang harus dikasihani pada pekerja shift malan dan tukang begadang sejati.

#1. Dia Tidak Bisa Menikmati Weekend

Weekend adalah satu hari spesial, yang berbeda dari hari-hari biasa. Terutama hari Minggu. Yang mana barangkali Anda hanya menghabiskan waktu kerja Anda sekitar 8 jam sehari, sedangkan mereka mungkin jauh lebih dari itu.Apalagi kalau sampai Sabtunya kerja seharian full, atau begadang, maka di harinya Minggunya ia akan kelelahan.Dengan begitu, mereka menjadi kurang punya waktu untuk bersama keluarga, refreshing, dakwah, baca buku, dan aktivitas-aktivitas di luar kerja lainnya.

#2. Dia Tidak Bisa Menjalankan Planning yang Telah Dia Buat Minggu Lalu

Inilah salah satu yang membuat mereka risih. Ketika di notification dia mendapatkan invite acara di facebook, mereka memilih opsi akan menghadiri. Namun, ternyata ketika hari H malah nggak bisa hadir.

#3. Temannya Tidak Paham, Bahwa Mengubah Shift Kerja itu Tidaklah Mudah

Ketika mereka berbicara dengan bosnya untuk minta ganti waktu, tapi bosnya selalu bilang oke sip nanti tanggal sekian diganti, tapi ternyata tak kunjung digantikan juga.

Artikel Lainnya:  8 Cara Melatih Konsentrasi, Agar Nggak Mudah Diganggu dan Digoda, Kerjaan Pun Cepat Beres

Biar lebih objektif, ada baiknya kita ketahui dulu detail work flow, organisasi, dan detail lainnya tentang perusahaan tempat ia kerja. Agar bisa paham, bahwa memang nggak mudah untuk segera mengubah jam kerja malam tersebut.

#4. Dia Makin Banyak Berdo’a Menjelang Hari Raya

Seperti yang kita ketahui, menjelang dan ketika hari raya, begitu banyak kampanye bernuansa hari raya tersebut. Memang ada sebagian Perusahaan yang libur ketika di hari H Hari Raya. Namun, ada juga yang malah tetap beroperasi. Hal ini bisa jadi sangat menyakitkan bagi sebagian karyawan.

Heran, bahkan hari raya pun tak membuatnya berhenti bekerja.

#5. Dia Udah Lama Nggak Ketemu Temannya Lagi, Sekitar Beberapa Bulan

Karena biasanya mereka mulai kerja ketika Anda lagi tidur, dan mulai istirahat ketika Anda lagi kerja. Susah banget untuk menentukan waktu yang pas. Kalau pun akhirnya ketemu, kadang-kadang nggak begitu panjang waktu yang ia punya.

#6. Dia Sering Lupa, Hari Ini Hari Apa, Tanggal Berapa?

Berhubung pola tidurnya tengah rusak, malamnya ia tetap terjaga di antara pemisah dua hari, maka ia kerap bingung, sekarang hari apa, tanggal berapa. Karena perubahannya barusan saja beberapa menit yang lalu. Berbeda dengan orang biasa, yang biasa tidur ketika pergantian hari dan tanggal.

#7. Dia Kangen Makan Malam Bareng Keluarga

Memang salah satu tujuan bekerja itu, supaya nanti bisa membahagiakan keluarga, termasuk istri dan anak. Namun sayang seribu sayang, ntah kapan lagi mereka bisa kumpul-kumpul bareng lagi, makan-makan bareng lagi, baik sekadar berkumpul di ruang keluarga di Rumah, maupun jalan-jalan..

#8. Matanya Mulai Agak Basah Ketika Ada yang Bilang “Selamat Bekerja” Atau Sejenisnya

Emangnya enak menghabiskan hampir seharian duduk di depan laptop dan tools melulu, tanpa keluarga, tanpa saudara, dan teman-teman tercinta? Apalagi ibadah sunnah kurang, dakwah nggak jalan? Tidak Pak, itu bukan selamat namanya..

Artikel Lainnya:  Sering Lupa dan Kurang Konsentrasi? Atasilah dengan 8 Cara Ini, Agar Kerja Jadi Optimal

#9. Program Dietnya Kacau

Ntah itu dia diet dalam rangka mengkuruskan diri, atau sebagai bantuan pemeliharaan tubuh dan pemulihan penyakit. Yang jelas, waktu makannya nggak teratur. Makan malam jam 10, sarapan jam 4 pagi, makan siang jam 9 pagi.

#10. Matanya Seperti Mata Panda

Tentu kurang tidur menyebabkan kantung mata Anda menjadi kelihatan kurang bagus, jadi seperti mata panda.

Sumber gambar: Pixabay

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.