6 Cara Menambah Nafsu Makan Orang Dewasa

Menurunnya nafsu makan, atau bahkan hilang sama sekali, memang bisa menjadi bahaya di satu sisi. Mulai dari nanti Anda bisa masuk angin, pusing, pening, lemas, dan ketidaksehatan lainnya. Begitu, terlepas anak-anak ataupun dewasa seperti Anda. 

 
Namun satu hal yang perlu kita ketahui pula, apa penyebabnya? Kenapa bisa seperti itu? Ada beberapa faktor. Seperti misalnya, karena lagi ada beban pikiran, stress gitu, jadinya nggak selera makan. Atau bisa juga karena ada penyakit lain. Atau bisa juga mungkin karena memang Anda sudah makan sebelumnya, tapi bukan makanan pokok, makan cemilan gitu mungkin. 
 
Nah, kemudian, bagaimana caranya supaya nafsu makan Anda bisa bertambah? Simak 6 cara berikut ini.. 😀

1. Lihat Foto-Foto Makanan yang Enak

cara menambah nafsu makan dengan cepat


Maksudnya bagaimana? Coba Anda buka google.co.id, ketik “food photography”. Atau bisa juga Anda search di Instagram, hastag yang berhubungan dengan makanan. Barangkali dengan begitu Anda jadi mengeluarkan air liur. Sejenak Anda itu “lapar mata”. Yah, kebanyakan orang seperti itu, padahal awalnya dia biasa-biasa aja, nggak lapar, tapi tiba-tiba dia jadi bilang, “Jadi lapeer..”. 

 
Lantaran kalau anak-anak mungkin tidak begitu, tapi kalau orang dewasa, biasa dia itu ngelihat fotografi makanan gitu.

2. Cari Makanan yang Tampilannya Menarik, Atau Buat Makanan yang Hendak Anda Makan itu Tampilannya Menjadi Menarik

cara cepat menambah nafsu makan secara alami


Nafsu makan Anda bisa semakin bertambah, sekiranya bukan hanya Anda melihat fotografi makanan yang tampak lezat, namun bila Anda juga langsung melihat langsung dengan mata telanjang di depan Anda ada makanan yang memang tampak lezat. Ntah mungkin misalnya di sisi kanan-kiri piringnya ada hiasan sayur, atau ada kuahnya, sausnya, dan lain-lainnya yang menarik.

3. Cari Makanan yang Harum, Atau Buatlah Makanan Anda menjadi Harum

menambah nafsu makan dengan alami


Yaps, umumnya banyak makanan yang bisa dibuat jadi harum banget aromanya gitu. Nasi goreng, soto, sop, tauco, opor, ayam kentucky, dan lain-lain. Ini juga salah satu trik marketing beberapa produk kuliner di Mall-Mall, supaya pengunjungnya tetarik untuk makan.

4. Picu Nafsu Makan Anda dengan Beberapa Bahan Alami

cara menambah nafsu makan dan gemuk


Ada beberapa bahan alami, ntah itu buah-buahan, sayur-sayuran, dan nabati lainnya, yang dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Beberapa diantaranya adalah, alfalfa, dandelion, jahe, jeruk, gingseng, lemon, pepaya, peppermint, dan temulawak.

 
Namun memang disarankan pula agar Anda mengonsumsi yang sudah lebih teruji, seperti misalnya, suplemen penambah nafsu makan untuk dewasa seperti Madu Penggemuk Badan Al-Mabruroh, yang bisa Anda dapatkan di TeknikHidupShop.com.

Karena pada Madu Penggemuk Badan Al-Mabruroh itu komposisinya mengandung madu pilihan, royal jelly, propolis, ekstrak temulawak, ekstrak temu ireng, ekstrak kunyit, dan ekstrak pegagan. Bagus pula untuk memperbaiki metabolisme tubuh Anda, dan membantu Anda yang sulit gemuk badannya.
 
Apalagi bila kejadian hilangnya nafsu makan Anda ini bukan sekali-sekali, namun berkali-kali, maka ada baiknya Anda minum madu herbal ini. Karena memang sudah terbukti ampuh, yang minumnya, langsung bertambah nafsu makannya. Apalagi karena ia herbal, jadi insya Allah aman dan tanpa efek samping.

5. Berolahragalah

cara cepat gemuk dengan olahraga


Nah, ini dia cara yang mungkin cukup ringan, namun lumayan efektif jugalah. Terserah mau olahraganya itu cuman jogging doang, atau naik sepeda, berenang, atau futsal, atau yang lainnya. Yang penting olahraga.

 
Karena nanti ketika Anda berolahraga, kemudian Anda bisa terpicu rasa laparnya tanpa membakar kalori secara berlebihan. Udah gitu, bisa pula secara langsung maupun tak langsung setelah olahraga nanti jadinya rasa lapar Anda terpancing, malahan hingga nanti penyerapan nutrisi Anda terbantu dari makanan.

6. Pastikan Allah Swt Senantiasa Me-ridhai Anda

doa agar badan gemuk


Sejatinya 5 hal di atas hanyalah usaha, sedangkan bisa seperti itu atau tidak, adalah hak Allah. Makanya di pembahasan Qadha dan Qadar, ada yang namanya al-haal, dan asbab. Sebab datangnya rezeki adalah karena Allah Swt. Namun, ada al-haal, yang merupakan kondisi yang bisa membuat datangnya rezeki. Al-haal inilah yang akan dimintaipertanggungjawaban, notabene merupakan ikhtiar.

 
Bukankah nikmatnya nafsu makan itu merupakan rezeki? Karena bisa jadi itu bagian dari kesehatan, lantaran kesehatan merupakan rezeki?
 
Itu sebabnya, selain memang Anda berusaha menambahkan nafsu makan, pastikan pula Anda tetap di-ridhai Allah Swt. Caranya gimana, yah salah satunya yang cukup sering dibahas adalah dengan cara berdo’a. Kemudian yang cukup urgen, yaitu tetaplah terikat dengan hukum syara’. Pastikan aktivitas harian Anda itu halal, tidak haram.
 
Seperti misalnya, pastikan juga nanti ketika Anda berolahraga, Anda menutup aurat, apabila Anda ada di tempat umum. Karena nggak sedikit orang itu kalau ketika berolahraga malah membuka aurat. Coba tuh lihat banyak nggak laki-laki yang ketika jogging dan futsal, lututnya kelihatan? Bukankah lutut itu termasuk aurat? Atau kalau yang perempuan, sudah tertutup sih auratnya, tapi tabarruj dengan mengenakan celana. Seharusnya jilbab (seperti gamis).
 
Kan lucu, bila di satu sisi kita sering berdo’a di social media, namun di satu sisi kita bermaksiat kepada Allah, melakukan apa-apa yang ia larang, tidak mau melakukan apa-apa yang ia perintahkan.
 

Nah, begitulah barangkali 6 cara menambahkan nfasu makan orang dewasa. Semoga bermanfaat, dan semoga nafsu makan Anda bisa segera bertambah yaa, aamiinn..

Sumber gambar: Pixabay

Artikel Lainnya:  4 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang
BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar