10 Cara Berpikir Positif Terhadap Pasangan

Cara Berpikir Positif Terhadap Pasangan
Sumber gambar: goziyan.com

Perasaan cemburu menyebabkan seseorang bisa berubah menjadi posesif dan tidak percaya terhadap pasangannya.

Penyebab munculnya perasaan cemburu bisa dikarenakan banyak hal. Diantaranya adalah karena hilangnya kepercayaan terhadap pasangan yang disebabkan karena sering berprasangka buruk atau karena sering berpikir negatif.

Hal tersebut terkadang menyebabkan seseorang memandang secara subjektif. Akibatnya, rasa gelisah, curiga, dan pertengkaran seringkali tidak bisa dielakan.

Kalau kamu selama ini merasa seringkali curiga terhadap pasanganmu, atau kamu merasa tidak tenang setiap pasangan tidak berada di dekatmu, kamu takut jika pasanganmu selingkuh, atau kamu takut jika ada orang lain yang membuat pasanganmu tertarik, maka hal tersebut sebenarnya wajar saja, akan tetapi, harus dalam batas-batas tertentu.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar tidak menjadi seseorang yang pencemburu yang dapat menyebabkan hubunganmu dengan pasangan menjadi letak.

Tips berpikir positif terhadap pasangan

Agar kamu dan pasangan tetap memiliki hubungan yang postif dan sehat tips berfikir positif terhadap pasangan berikut ini harus kamu terapkan.

1. Latih dirimu untuk memberikan kepercayaan terhadap orang lain

Melatih diri untuk mempercayai orang lain tidak pernah mudah. Terlebih jika kamu pada awalnya adalah seseorang yang tidak bisa dipercaya. Sehingga, kamu akan menganalogikan orang lain seperti dirimu.

  • Jika kamu ingin mempercayai orang lain, buatlah dirimu bisa dipercaya.
  • Jika kamu jujur terhadap diri sendiri dan pasangan, kemungkinan besar pasanganmu pun akan jujur terhadap dirimu.
  • Jika kamu mencintai dan menyayangi pasanganmu, sebaliknya, pasanganmu pun akan melakukan hal yang, kepadamu.

2. Buang jauh-jauh rasa curiga dan cemburu

Cara membuang jauh-jauh perasaan curiga dan cemburu adalah dengan berkomunikasi secara terbuka.

Jika kamu merasa cemburu dan curiga, ungkapkanlah dengan cara yang baik dan hindari perkataan yang menuduh atau menyalahkan.

Dengan mengetahui yang sebenarnya akan membuatmu berpikir lebih positif.

Artikel Lainnya:  Begini Cara Nikah Murah & Berkah Di Bawah 6 Juta

3. Sibukkan diri dengan hal-hal positif

Tidak memiliki pekerjaan biasanya akan membuat kita sering berkhayal dan berpikir terlalu jauh. Kadangkala, karena tidak ada kesibukan yang kita lakukan membuat kita sering berpikir negatif.

Untuk mengatasinya, cobalah menyibukkan diri dengan melakukan hal-hal positif atau hal-hal kreatif. Dengan begitu pikiran negatifmu akan teralihkan ke hal-hal yang bermanfaat.

4. Bedakan antara sinetron dan kehidupan nyata

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa pengaruh sinetron atau film-film sangat besar terhadap karakter maupun sifat orang itu sendiri.

Sebagai seseorang yang bisa berpikir, kamu seharusnya bisa membedakan antara kehidupan nyata dan apa yang terjadi di sinetron dan film-film.

Hindari membuat drama yang kekanak-kanakan dalam kehidupanmu sendiri.

5. Setiap orang berhak bergaul dan bealisasirsosi

Orang yang pencemburu seringkali sangat posesif. Akibatnya, dengan siapa pun pasangannya bergaul akan selalu dicurigai.

Sudah waktunya kamu move on dan belajar bahwa setiap orang berhak untuk bersosialisasi dan bergaul dengan siapa saja terutama dalam batas-batas yang wajar.

Sama sepertimu, pasanganmu pun ingin tetap bisa bergaul secara normal dengan teman-temannya. Seperti kamu, pasanganmu mungkin saja memiliki sahabat dekat. Jadi tidak perlu berfikir terlalu jauh.

6. Jadilah seorang pemaaf

Bukan hal gampang menjadi seorang pemaaf. Namun jika kamu bisa melakukannya, kamu akan terhindar dari berbagai pikiran negatif.

Karena seseorang yang pandai dalam memaafkan orang lain akan bisa memaklumi banyak hal dan lebih bijak dalam mengambil setiap keputusan.

7. Kendalikan pikiranmu

Selama akal kita masih sehat, pasti bisa memilih. Jangan sampai kamu terpengaruh dan berada di bawah kontrol pikiranmu sendiri.

Sebisa mungkin, kamu harus mengendalikan pikiranmu dan arahkan ke hal-hal yang positif.

Menjadi budak pikiran negatif akan membuatmu jadi kekanak-kanakan dan tidak dewasa, sulit berpikir jernih, dan sering mengambil keputusan yang salah.

Artikel Lainnya:  Ladies, Jangan Hanya Persiapkan Diri Jadi Istri yang Baik, Tapi Jugalah Jadi Menantu yang Baik

8. Rajin tersenyum

Senyuman dan tertawa bisa membuat tubuh kita memproduksi hormon bahagia. Jika kita merasa bahagia, pikiran pun akan positif.

Sebaliknya, jika kita malas tersenyum, maka hal tersebut akan memancing kita cenderung berpikir negatif.

Murah senyum adalah sikap yang sudah pasti disukai oleh setiap orang. Selain bermanfaat untuk dirimu sendiri, tentu saja senyummu bisa mempermudah pergaulanmu dengan teman-teman.

9. Jangan menyamakan pasanganmu dengan orang lain

Dalam menjalani kehidupan ini, kita berteman dengan siapa saja. Ada kalanya kita berteman dengan orang-orang yang salah. Namun bukan berarti kita boleh menganggap, orang-orang yang mungkin memiliki sifat atau sikap yang hampir sama dengan pasangan adalah orang yang sama.

Misalnya, jika kamu memiliki teman yang suka selingkuh, sehingga membuatmu berfikir jika pasanganmu melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh temanmu. Padahal, seringkali kenyataannya tidak demikian.

Orang yang memiliki karakter sama belum tentu memiliki sifat yang sama. Jadi, sebisa mungkin jangan samakan pasanganmu dengan orang lain. Walaupun dalam beberapa hal mereka memiliki kemiripan.

10. Jadilah orang yang toleran dan berpikir jauh kedepan

Dalam berbagai kesempatan, seringkali pasangan kita tidak bisa menepati janjinya. Hal tersebut tidak harus ditanggapi terlalu serius dengan memikirkan hal-hal negatif. Bersabarlah dan tunggulah penjelasan dari pasangan untuk mengetahui alasan yang sebenarnya.

Komunikasi dalam hal ini sangat penting. Karena bisa saja pasangan terlambat disebabkan karena faktor lain seperti hujan, jalanan yang macet, kendaraan yang tiba-tiba bocor atau ngadat, dan masih banyak hal-hal lain yang bisa menyebabkan seseorang tidak bisa menepati janjinya.

Dengan menjadi seseorang yang toleran dan bisa berpikir dewasa serta berpikir jauh kedepan akan membuatmu tidak mengambil keputusan gerabah.

Suka konten-konten TeknikHidup ini?


BAGIKAN
Ibu muda sekaligus nyambi jadi blogger yang menyukai banyak hal menyenangkan. Pecinta bakso tapi gak pernah sukses bikin bakso sendiri. Hobi nulis dan duit, kadang-kadang nulis dapet duit. :D Dan sedang belajar banyak hal di dunia IM. ;)