10 Cara Membahagiakan Orang Tua yang Mudah dan Sederhana

cara membahagiakan orang tua

Kebahagiaan orang tua yang didapatkan dari anaknya sangat bergantung pada banyak hal, mulai dari, karakter yang mereka miliki, pendidikan, gaya hidup, dan kondisi ekonomi. Namun disamping itu, tentu saja ada banyak hal lainnya yang bisa mempengaruhi.

Satu contoh cara membahagiakan orang tua adalah dengan berprestasi di sekolah atau sukses dalam bekerja. Beberapa orang tua mungkin akan merasa bahagia apabila melihat anaknya rajin beribadah dan berusaha menjauhi semua larangan Tuhan. Semua itu sudah pasti sangat relatif dan setiap orang berbeda-beda.

Secara umum, berikut adalah pilihan sederhana dan mudah cara yang bisa kita lakukan untuk membahagiakan orang tua.

1. Menjawab panggilannya seperti kamu menjawab telpon

Sudah bukan rahasia umum apabila kita (anak) seringkali disibukkan dengan kegiatan yang sedang kita lakukan, entah itu belajar, bermain, membaca, atau yang lainnya.

Disaat saat kita sedang sangat sibuk dan asik dengan dunia sendiri, terkadang orang tua membutuhkan sesuatu sehingga mereka memanggil kita dan meminta bantuan. Jika kamu menjawab panggilan orang tuamu seperti kamu menjawab telepon yang berdering, dengan segera berlari dan menanyakan apa yang mereka inginkan, sudah pasti orang tuamu akan merasa bahagia dan sangat bangga memilikimu.

2. Dengarkan sarannya

Semenjak kita kecil hingga dewasa, bahkan apabila kamu sudah mulai beruban, nasehat orang tuamu akan terus-menerus kamu dengar. Orang tua selalu menasehati anaknya karena mereka merasa bahwa mereka lebih tahu, tahu lebih banyak daripada kamu, dan karena mereka sangat sayang serta ingin anaknya bisa hidup bahagia tanpa mengulang kesalahan yang sama seperti yang mereka lakukan sebelumnya.

Mendengarkan nasehat orang tua dan setidaknya menjalankannya apabila hal tersebut memang benar (positif) akan membuat mereka merasa dihargai dan dihormati. Namun sebaliknya, apabila kamu lebih sering tidak menuruti nasehatnya, sudah pasti orang tua aku merasa sedih.

3. Membantunya meringankan beban

Orang tua selalu memberikan apapun yang diinginkan anaknya apabila itu baik dan positif. Mereka juga akan berusaha untuk menjauhkan anaknya dari hal-hal yang merugikan.

Artikel Lainnya:  7 Cara Menghilangkan Prasangka Buruk Terhadap Orang Lain

Beban apapun yang mereka pikul selalu mereka jalani dengan rasa gembira apabila hal tersebut untuk membahagiakanmu.

Namun sebagai seorang anak yang pengertian, setidaknya kamu harus sadar bahwa orang tua juga adalah manusia yang memiliki banyak kelemahan. Membantunya mengurangi beban, misalnya dengan melakukan hal-hal kecil seperti mencuci piring, membantunya mencuci pakaian, membantunya menyapu di rumah, membantunya di kebun atau meringankan ekonomi keluarga akan membuatnya merasa sangat bahagia.

4. Kerjakan kebajikan dan jauhi kemungkaran

Setiap orang tua mengharapkan anaknya menjadi orang yang baik yang bisa berguna bagi keluarga, bermanfaat bagi negaranya serta orang lain. Dan setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya untuk selalu berada di jalan yang lurus.

Menjadi orang yang baik secara etika dan moral akan membuatmu disayang oleh orang tua di samping mereka akan merasa bahagia.

5. Jadilah anak yang sholeh

Cara membahagiakan orang tua yang lain yang tidak boleh kamu lupakan adalah menjadi anak yang sholeh dan solehah. Anak yang sholeh tentu saja mencakup hampir semua point yang telah disebutkan sebelumnya.

Beberapa orang tua memandang bahwa kesuksesan mereka mendidik anak sangat bergantung dari akhlak, agama, dan kecerdasan serta kesuksesanmu memperoleh rezeki dari cara-cara yang halal.

6. Lakukan tugasmu dengan sungguh-sungguh

Orang tua juga bisa menyadari apapun yang kamu lakukan adalah sesuatu yang baik untuk dirimu, keluargamu, masa depanmu, dan orang lain.

Pekerjaan apapun yang kamu tekuni entah itu menjadi seorang polisi, menjadi seorang pejabat, petani, atau bahkan apabila kamu masih seorang pelajar, melakukannya dengan sungguh-sungguh akan membuat mereka merasa bangga.

Melihatmu tekun belajar dan bekerja akan membuatnya terharu sekaligus bangga.

7. Jadilah orang yang menonjol

Menjadi seseorang yang tidak biasa-biasa saja memang dibutuhkan kemauan, integritas, dan usaha. Menjadi seseorang yang berprestasi adalah cara lain membahagiakan orang tua.

Artikel Lainnya:  5 Cara Memilih Teman yang Baik, Awas Salah Teman Bikin Hidup Bermasalah

Kamu bisa melakukannya dengan bekerja keras mulai dari belajar untuk berprestasi di sekolah daerah rutin berlatih, dan berusahalah sebaik mungkin dalam bekerja.

8. Belajarlah untuk menjadi seseorang yang dewasa

Orang dewasa tidak selalu dilihat dari umurnya. Karena ada beberapa orang yang sudah berumur tua, namun terkadang masih belum dewasa. Seseorang yang dewasa biasanya bisa bersikap bijak, dapat mengambil keputusan-keputusan besar dan tepat, mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik, memiliki attitude yang baik, tidak egois, dll.

9. Sering-seringlah mengunjunginya

Tidak bisa dipungkiri apabila banyak diantara kita yang akhirnya keluar dari rumah pada saat sudah berkeluarga.

Apa bilang kamu berada di tempat yang tidak terlalu jauh, mengunjungi dan mencari tahu kabar mereka adalah sesuatu yang dapat membahagiakan orang tua.

Namun bagi kamu yang tinggal di tempat yang jauh, maka menelpon mereka lebih sering akan membantu meringankan kerinduan mereka akan dirimu.

10. Terbukalah pada orang tua

Sebagian besar dari kita terkadang takut untuk membuka diri kepada orang tua sehingga lebih memilih orang lain sebagai tempat curhat. Padahal, orang yang lebih mengenal kita adalah orang tua kita sendiri. Dan mereka akan merasa bahagia apabila dipercaya untuk mendengarkan keluh kesah dan cerita-cerita picisan yang kamu miliki.

Mereka akan dengan senang hati mendengarkan dan memberikan nasehat demi kebaikanmu. Jadi, jika selama ini kamu masih berusaha untuk menutup diri dari orang tua, cobalah untuk lebih terbuka, karena dengan keterbukaan akan membuatmu lebih dekat dan lebih bisa merasakan kasih sayang yang mereka miliki.

Selain poin-poin yang telah disebutkan diatas, kamu juga pasti tahu ada banyak cara-cara lain untuk membahagiakan orang tua. Tunggu apalagi, sudah saatnya kamu berusaha untuk melakukannya karena tidak ada hal lain yang akan membuat kita bahagia selain melihat senyum di wajah mereka.

BAGIKAN
Ibu muda sekaligus nyambi jadi blogger yang menyukai banyak hal menyenangkan. Pecinta bakso tapi gak pernah sukses bikin bakso sendiri. Hobi nulis dan duit, kadang-kadang nulis dapet duit. :D Dan sedang belajar banyak hal di dunia IM. ;)

Bagaimana menurut Anda?

Komentar