7 Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Kita tidak bisa memaksa semua orang untuk menyukai kita. Setiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga dalam pergaulan, mereka menunjukkan sifat dan gaya yang berlainan.

Lebih-lebih jika kita adalah seorang pemimpin. Gaya kepemimpinan yang kita terapkan seringkali tidak sesuai dengan beberapa orang atau tidak bisa diterima oleh beberapa karyawan.

Sebagai seorang pemimpin kadangkala kita berada di situasi yang sangat sulit misalnya ketika harus mengambil keputusan untuk memecat karyawan, atau menerapkan kebijakan tertentu.

Namun disini saya tidak akan berbicara khusus mengenai bagaimana seorang pemimpin menghadapi orang yang membencinya, melainkan saya akan mencoba berbicara secara umum untuk memberikan solusi cara menghadapi orang yang membenci kita (haters).

Tips menghadapi orang yang membenci kita

Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh orang lain, atau bisa juga karena orang tersebut iri terhadap kita.

Apapun alasannya dan apapun penyebabnya mengapa orang membenci kita, berikut adalah beberapa solusi untuk menghadapinya.

1. Introspeksi diri

Ini adalah hal yang harus pertama kali kita lakukan. Seringkali dalam beberapa titik di kehidupan kita, kita membuat kesalahan atau kekhilafan, sehingga orang membenci kita.

Lakukan introspeksi diri untuk mengetahui beberapa sepak terjang yang mungkin kita lakukan yang berlebihan, overreacting, membuat orang tersinggung, atau mungkin karena sikap kita yang kurang bijak, dan lain-lain.

Introspeksi diri tidak akan pernah merugikan, dan justru sebaliknya, seringkali menguntungkan untuk kita.

Dengan introspeksi diri dan dengan melakukan evaluasi terhadap pribadi yang kita miliki, akan memberikan kita kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Dengan menjadi pribadi yang baik dan bijak, kita akan berkesempatan lebih besar untuk menghilangkan rasa benci yang dimiliki oleh orang lain terhadap kita.

2. Abaikan orang yang membenci kita

Jika ternyata kita sudah melakukan introspeksi diri untuk mengetahui apa saja perbuatan atau perkataan yang kira-kira tidak berkenan terhadap orang lain dan ternyata hal tersebut tidak ada pada diri kita, maka penyebab mengapa orang membenci kita bisa jadi karena mereka iri.

Untuk itu, cara paling mudah untuk menghadapi orang yang membenci kita adalah hak dengan mengabaikannya. Walaupun kadang-kadang seorang hater akan berusaha untuk memprovokasi kita, namun hal tersebut seringkali bisa dihadapi dengan cara dicuekin atau mengabaikannya.

Walau demikian, harus kita akui bahwa orang yang membenci kita memiliki cara yang berbeda-beda dalam menunjukkan rasa benci yang mereka miliki. Mereka tidak selalu memprovokasi, melainkan terkadang mereka hanya menyebar perkataan-perkataan buruk kepada orang lain mengenai diri kita.

Artikel Lainnya:  10 Sifat yang Harus Dibuang, Sebelum Anda Menikah

Untuk masalah ini, kita harus reaktif dan tanggap karena tentu kita tidak ingin nama baik kita menjadi jelek, atau kita akan dianggap melakukan perbuatan yang sebenarnya tidak kita lakukan (fitnah), dan lain-lain.

Cara bereaksi yang paling bijak untuk menghentikan orang yang membenci kita dalam menebar kebencian kepada orang lain, fitnah atau yang sejenisnya, adalah dengan meluruskan setiap masalah baik dengan orang yang membenci kita maupun orang yang sudah terprovokasi.

3. Tingkatkan rasa percaya diri yang kamu punya

cara menghadapi teman yang membenci kita

Banyak orang yang merasa begitu terpukul ketika mengetahui ada orang yang membencinya. Tidak sedikit juga orang yang langsung down saat mengetahui dan mendengar bahwa ada desas-desus fitnah yang disebarkan oleh haters Hal tersebut tentu saja sangat merugikan kita.

Untuk menghadapi itu, kita harus meningkatkan percaya diri. Jika kita memang tidak melakukan hal-hal yang salah, ada baiknya kita melakukan klarifikasi.

Selain itu, dengan tetap menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi adalah cara lain menghadapi haters.

Kamu bisa tertawa atau tersenyum pada saat mendengarkan hinaan yang tidak sesuai dengan kenyataan, kamu bisa tetap berpikir positif, kamu bisa tetap tidak menanggapi apapun yang dilakukan oleh membencimu, atau jadilah lebih baik jika membencimu adalah orang yang iri dengan keberhasilanmu. Dengan cara itu, para haters akan kewalahan sendiri dan merasa malu karena telah menyebarkan kata-kata yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Tidak perlu khawatir ketika menghadapi orang yang iri terhadap kita. Walaupun mereka rajin menebar fitnah, namun biasanya orang lain akan mengetahui apa sebenarnya yang terjadi.

4. Hindari orang yang membenci kita

Jika orang yang membenci kita adalah tetangga, teman di kampus, apa mungkin teman sekelas, tidak perlu khawatir. Kita bisa menghindarinya dengan cara-cara yang tampak normal. Namun jika tidak memungkinkan, kita tetap bisa menghindarinya dengan berbagai strategi dan akal-akalan.

Misalnya, saat di rumah, agar tidak sering bertemu dengan tetangga yang membenci kita, kita bisa keluar rumah pada jam yang berbeda dengan tetangga. Atau di kelas, kita bisa memilih tempat duduk yang sedikit jauh dari tempat duduk yang membenci kita. Jika ia adalah teman bekerja, mengambil tempat beristirahat atau tempat makan yang berbeda pada saat beristirahat adalah cara lain untuk menghindarinya.

5. Hadapi pembenci dan ajaklah ia berbicara untuk menyelesaikan masalah

Kadangkala, seorang hater membenci kita karena mereka salah paham, atau tidak mengetahui siapa diri kita yang sebenarnya.

Artikel Lainnya:  7 Cara Menghilangkan Sakit Hati Menurut Islam

Agar mereka bisa mengetahui siapa sebenarnya kita, bagaimana sifat asli yang kita miliki, dan untuk mengetahui sumber masalah yang menjadi akar penyebab kesalahpahaman, biasanya bisa diluruskan dengan berbicara empat mata. Cara ini seringkali berhasil dan menjadi solusi tepat untuk menghadapi para pembenci.

Berbicaralah secara terbuka dan mintalah pendapatnya apa yang menyebabkan dia membencimu. Dengan begitu, kamu akan mengetahui lebih jelas akar permasalahannya.

Jika penyebabnya adalah karena kesalahan yang kamu lakukan, maka jangan ragu-ragu untuk meminta maaf. Namun jika hal tersebut ternyata bukanlah salahmu, maka kamu harus memberikan klarifikasi dan penjelasan agar para pembenci mengerti yang sebenarnya.

6. Jangan gegabah dan mudah emosi

Saat kita mengetahui orang lain membenci kita, tidak menyukai kita, atau menebar fitnah, sangat mudah bagi kita tersulut emosi yang ujung-ujungnya dapat menyebabkan kita lepas kendali dan melakukan hal-hal yang gerabah.

Sebisa mungkin, kendalikan emosi, respon dengan cepat emosi yang ada pada diri kita dengan cara positif, segera selesaikan masalah, hadapi orang yang membenci kita, dan sebisa mungkin jangan pernah lari dari masalah.

Jika orang yang membenci kita langsung memberikan olok-olokan di depan kita atau di depan orang ramai, redam emosimu dan katakanlah yang sebenarnya.

Jika terasa sulit, segeralah menghindar. Menghindar bukan berarti mengakui bahwa kita kalah, tapi menghindar untuk menenangkan diri dan untuk mencari waktu yang tepat untuk berbicara dengan orang yang membenci kita nanti.

Sebisa mungkin, hindarilah berbagai bentuk kekerasan fisik. Karena balasan di dunia maupun di Akhirat sangat tegas pada orang-orang yang melakukan serangan verbal maupun fisik yang merugikan orang lain.

7. Cerdas dalam bertindak

menyikapi orang yang membenci kita

Kadangkala kita tidak hanya menghadapi haters yang menebar kebencian di dunia nyata melainkan juga di dunia maya.

Beberapa tips untuk menghadapi orang yang membenci kita di dunia maya antara lain: kamu bisa memblokir orang yang membencimu, atau kamu juga bisa melaporkan kepada pihak yang berwajib mengenai ancaman, trolling, atau berbagai bentuk kata-kata yang merugikan kita.

Dengan begitu, kita tidak perlu repot menghadapinya karena sudah ada hukum yang bisa menjerat orang yang menebar kebencian, menjatuhkan, merusak nama baik, atau memfitnah kita. Jangan lupa untuk menyimpan berbagai screenshot yang berkaitan dengan setiap kata-kata yang buruk yang disampaikan oleh pembenci untuk dijadikan sebagai bukti.

Sumber gambar: Pixabay.com

Suka konten-konten TeknikHidup ini?


BAGIKAN
Ibu muda sekaligus nyambi jadi blogger yang menyukai banyak hal menyenangkan. Pecinta bakso tapi gak pernah sukses bikin bakso sendiri. Hobi nulis dan duit, kadang-kadang nulis dapet duit. :D Dan sedang belajar banyak hal di dunia IM. ;)