8 Cara Agar Tidak Mudah Mengantuk di Pagi Hari, Lakukanlah Ini Biar Produktivitasmu Tetap Terjaga

cara agar tidak mudah mengantuk di pagi hari

Salah satu hal yang sangat konyol adalah, impian dan cita-cita kita tak kunjung terwujud, karena usaha dan kinerja kita tidak optimal, lantaran ntah kenapa kalau pagi hari itu bawaannya ngantuk terus, bahkan akhirnya malah jadi ketiduran beneran.

Maka dari itu, sangat sangat sangat penting bagi Anda yang selama ini mudah mengantuk di pagi hari, untuk mengatasinya sekarang juga.

Nah, paling tidak, ada 8 hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini dia.

1. Tidak bisa tidak, Anda harus memperbanyak aktivitas fisik. Yang paling bagus tentunya rutin olahraga. Supaya peredaran darah tubuh Anda jadi lancar.

cara agar tidak cepat ngantuk

Salah satu ciri orang yang tubuhnya sehat, enak, dan senantiasa bugar; adalah peredaran darahnya lancar. Dan sering, bila peredaran darah sudah tak lancar, di situlah biasanya bakal mengakibatkan berbagai macam masalah pada tubuh. Salah satunya, gampang ngantukan.

Maka dari itu, penting bagi kita yang ingin senantiasa produktif untuk senantiasa pula menjaga peredaran darah kita agar tetap lancar. Supaya, nggak gampang ngantuk.

Nah, adapun salah satu cara wajarnya, adalah dengan senantiasa melakukan aktivitas fisik. Lebih bagus lagi kalau rutin olahraga setiap hari.

Barangkali Anda bisa coba perhatikan seseorang yang rutin olahraga pagi, normalnya badannya terasa bugar dan nggak gampang ngantukan, apalagi saat pagi-pagi.

Ini merupakan tips yang insyaAllah berhasil.

2. Makan secukupnya saja. Jangan kebanyakan, tapi juga kalau bisa jangan nggak makan sama sekali.

cara menghilangkan kantuk di pagi hari

Sarapan pagi hari memang penting, karena memang tubuh kita butuh energi di awal hari untuk beraktivitas hingga siang harinya.

Namun, terkadang, ada orang yang karena sarapan itu bukannya nambah semangat tapi malah jadi ngantuk. Kalau seperti itu, bisa jadi karena kebanyakan makannya. Jadinya, tubuhnya malah mengerahkan tenaga lebih untuk mencernanya. Akhirnya, tubuhnya jadi lelah. Maka dari itu, pastikanlah Anda memakan makanannya secukupnya saja, nggak usah banyak banget.

Artikel Lainnya:  50+ Gambar Kata-Kata Motivasi untuk Semangat Bekerja

Selain itu, jangan lupa pula, kalau bisa sih jangan nggak makan juga. Kadang, sebagian orang, gara-gara belum makan itu jadinya dia lemas bahkan ngantuk di pagi harinya.

3. Pastikan cukup minum air putih. Jangan sampai dehidrasi.

cara agar tidak mudah mengantuk

Dehidrasi memang suka bikin kita lelah, tingkat konsentrasi menurun, bahkan sampai mengantuk.

Memang air putih itu penting bagi tubuh kita. Khasiatnya tentu banyak, kalau beberapa khasiat yang berkaitan dengan agar tidak ngantuk; dia berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh, mengoptimalkan peredaran oksigen ke kepala, dan sebagainya. Lagipula, 85% otak kita terdiri dari air.

4. Tentunya pastikan sudah cukup tidur yang optimal. Bukan sekadar cukup tidur, tapi cukup tidur yang optimal. Yah, harus optimal.

cara agar tidak mudah ngantuk

Kita sudah paham, penyebab yang paling wajar kenapa pagi ngantuk terus, adalah karena malamnya kurang tidur. Maka, aneh kalau malamnya sudah tidur cukup, namun kok bisa paginya ngantuk terus. Nah, bisa jadi, karena walaupun tidurnya cukup tapi tidak optimal. Misalnya, karena bulak-balik terbangun sebab tempat tidur tidak nyaman, ada suara berisik, ada cahaya lampu, banyak beban pikiran, dan sebagainya.

Tidur yang tak optimal seperti itu pun bisa saja membuat pagi harinya kita jadi tetap ngantuk terus.

5. Usahakan jangan banyak konsumsi gula dan lemak tak bagus.

cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Pada poin nomor satu sebelumnya telah kita bahas bahwa peredaran darah yang tak lancar sangat mempengaruhi mudah ngantuknya seseorang. Nah, yang membuat peredaran darah itu menjadi tidak lancar, selain kurang olahraga; adalah banyaknya mengonsumsi gula dan lemak tak bagus.

Makanya pada sebagian orang yang menderita diabetes dan kolesterol, biasanya ada yang mudah ngantukan juga pada pagi harinya.

Maka dari itu, silahkan Anda kontrol asupan gula dan lemak Anda.

Artikel Lainnya:  7 Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

6. Bawa enjoy aja kerjaannya, jangan sampai depresi dan stress. Tetaplah miliki motivasi.

tips agar tidak mengantuk di pagi hari

Selain faktor biologis, ada juga faktor psikis. Misalnya, karena merasa sedang memikul beban yang sangat berat, depresi, stress, tidak bersemangat, dan sebagainya; kadang bisa juga membuat diri menjadi lemas dan malas, bahkan mengantuk.

Maka dari itu, pastikanlah diri Anda senantiasa semangat dan termotivasi saat kerja di pagi hari tersebut.

7. Tentu yang tidak asing lagi, yaitu coba minum kopi.

menghilangkan ngantuk di pagi hari

Tips minum kopi ini sudah tidak asing lagi. Namun, terkadang ada sebagian orang yang malas mencobanya. Silahkan dicoba saja dulu.

Atau, kalau misalnya ada yang tidak bisa ataupun tidak suka minum kopi, mungkin bisa coba minum teh saja.

8. Satu cara yang berhasil sering teruji menghilangkan ngantuk, yaitu mandi air dingin.

cara mengatasi ngantuk di pagi hari

Saya pribadi selalu berhasil pakai satu cara ini. Iya, mandi saja. Lebih bagus lagi kalau mandi air dingin.

Sebelumnya, rasanya itu bener-bener ngantuk dan bawaannya males banget pingin berbaring aja terus-menerus. Namun, setelah mandi, tiba-tiba jadi semangat dan segar banget. Siap memulai berbagai pekerjaan. Yang tadinya bikin to-do list aja males banget, setelahnya jadi semangat mengetik, berpikir, dan sebagainya melakukan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Nah, setidaknya, begitulah 8 tips agar tidak mudah mengantuk di pagi hari. Kebetulan saya dan beberapa teman saya sudah rutin melakukannya, dan alhamdulillah berhasil. Sekarang giliran Anda, silahkan Anda cobalah. 😉

Oh iya, barangkali Anda punya tips lain? Kalau ada, boleh dong dibagi. 😀

Sumber gambar ilustrasi: Pixabay.com

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar