4 Cara Efektif Menambah Berat Badan

Cara Efektif Menambah Berat Badan
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Sekarang kita berada di zaman yang lumaya, dimana kemampuan ekonomi masyarakat sudah agak meningkat dibandingkan dengan beberapa dekade sebelumnya.

Efek positifnya, beberapa kebutuhan pokok bisa dan mampu dibeli oleh masyarakat.

Namun akibatnya, semakin banyak orang yang mengalami obesitas.

Pakar kesehatan sudah mewanti-wanti kita untuk selalu menghindari kelebihan berat badan atau obesitas karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, hingga stroke.

Karena obesitas begitu menonjol dan begitu ditakuti, akhirnya banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan atau tidak menambah berat badan. Bahkan tidak sedikit orang yang memiliki gangguan makan atau kebiasaan merokok demi menjaga agar badan mereka tetap langsing.

Kadang-kadang juga kita menemukan orang yang makannya banyak tapi tidak gemuk-gemuk.

Sebagian kita berkata bahwa orang tersebut adalah orang yang beruntung.

Akan tetapi, nyatanya, orang yang indeks massa tubuhnya di bawah 18,5 ternyata juga memiliki masalah kesehatan tertentu yang perlu dikhawatirkan. Misalnya:

  1. Penyakit jantung dan diabetes tidak hanya bisa diakibatkan oleh kelebihan berat badan, melainkan juga bisa disebabkan karena terlalu kurus.
  2. Orang kurus cenderung memiliki imun tubuh yang lemah dan rentan terkena berbagai macam penyakit dan infeksi.
  3. Anemia
  4. Bagi wanita, mereka akan kesulitan hamil dan cenderung mengalami haid tidak teratur.
  5. Wanita yang hamil dan terlalu kurus mengalami peningkatan resiko keguguran hingga 72%
  6. Bagi laki-laki, terlalu kurus dapat menyebabkan mereka mengalami disfungsi ereksi atau ketidakmampuan untuk ejakulasi
  7. Osteoporosis atau patah tulang.

Cara sehat dan aman menambah berat badan

Sebelum Anda mengambil keputusan untuk mencari sebuah cara efektif menambah berat badan, Anda perlu mempertimbangkan cara sehat dan cara aman untuk menambah berat badan.

Karena, Anda tidak ingin mendapat masalah kesehatan lain hanya karena berusaha untuk cepat-cepat menambah berat badan demi kesehatan bukan?

Artikel Lainnya:  9 Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Ibu

Berikut adalah beberapa cara menambah berat badan yang dianjurkan.

1. Buatlah jadwal makan reguler

Setidaknya, mulailah makan secara teratur tiga kali sehari dan jangan lupa ngemil diantara waktu makan utama. Membiasakan diri sarapan, makan siang, dan makan malam adalah langkah pertama yang perlu dibiasakan.

Seorang ahli diet dari Fredericksburg bernama Nancy Farrell mengatakan, “Saya menyarankan makan 6 kali perhari dan makan setiap 3 jam, untuk makanan utama, setidaknya harus memenuhi kebutuhan minimal 500 kalori, dan makanan ringan (cemilan) setidaknya harus memenuhi antara 100-200 kalori.”

Jika memungkinkan, kurangi air putih karena ini bisa memberikan perasaan kenyang sehingga Anda akan jadi tidak bisa makan banyak. Gantilah dengan sumber cairan lain yang padat kalori.

2. Pilihlah makanan yang mengandung kadar kalori tinggi

Makanan yang padat kalori dan nutrisi adalah pilihan tepat untuk menambah berat badan. Dengan makanan-makanan tersebut, Anda bisa makan lebih banyak tanpa harus merasa kenyang terlalu cepat. Maka dari itu, cobalah Anda perhatikan dan hitung kalorinya. Beberapa pilihan makanan yang tinggi kalori antara lain:

  • Nuts. Seperti hazelnut, brazil walnut, almond, hingga pecan. Makanan ini banyak mengandung serat dan protein. Nuts biasanya mengandung sekitar 150-200 kalori. Selain itu, biji-bijian seperti bunga matahari atau biji labu juga banyak mengandung kalori. Biji bunga matahari atau biji labu bisa dijadikan sebagai cemilan, bisa juga dicampurkan dengan salad atau oatmeal.
  • Buah kering. Ada banyak jenis buah kering yang bisa kita manfaatkan untuk menambah berat badan diantaranya adalah keripik pisang, kurma, buah ara, buah plum, hingga kismis. Di Indonesia kritik pisang mungkin adalah yang paling mudah ditemukan selain buah kurma. 1 ons kripik pisang mengandung kurang lebih 147 kalori.Makanan kering bisa dijadikan sebagai cemilan di sela-sela waktu makan utama untuk meningkatkan berat badan.
  • Buah-buahan segar yang creamy. Beberapa jenis buah-buahan segar yang cocok untuk menambah berat badan antara lain alpukat dan mangga. Mangga berukuran sedang biasanya mengandung sekitar 130 kalori. Sedangkan alpukat bisa lebih banyak, antara 200-300 kalori, tergantung dari ukuran dan jenisnya tentu saja.
  • Selai kacang. 1 sdm (sendok makan) selai kacang mengandung kurang lebih 100 kalori.
  • Sayuran bertepung. Beberapa pilihan sayuran bertepung seperti jagung, kentang, dan kacang polong banyak mengandung kalori. Jagung misalnya, dalam satu cangkir bisa mengandung 156 kalori.
  • Cemilan campuran. Yang dimaksud dengan cemilan campuran adalah menggabungkan antara buah-buahan kering dengan kacang-kacangan serta biji-bijian. Semua itu bisa membantu menambah berat badan secara efektif.
Artikel Lainnya:  6 Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari, Praktekkanlah Agar Tubuh Anda Tak Mengeluh Melulu

3. Jangan lupa menambah kalori dari minuman

Selain dari makanan, cara efektif lainnya menambah berat badan adalah dengan mengkonsumsi minuman yang tinggi kadar kalorinya.

Jika Anda terbiasa minum air putih saat makan, cobalah untuk mengurangi jumlahnya dan ganti dengan jus buah yang ditambahkan susu atau yoghurt vanili jika Anda berselera.

Jika memungkinkan, Anda bisa membuat smoothie dari bahan-bahan seperti: bubuk protein, susu, pisang, suplemen berkalori tinggi dan yogurt.

4. Jangan terburu-buru

Banyak orang salah tafsir terhadap anjuran pakar kesehatan untuk menaikkan berat badan. Banyak orang yang kemudian terlihat terlalu bernafsu.

Padahal, kita dianjurkan untuk bersabar dan menaikkan berat badan secara perlahan sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Misalnya, masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kekenyangan atau karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tertentu. Tetaplah fleksibel dalam mengatur dan memperbarui menu makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Hindari hanya mengkonsumsi makanan tertentu karena dapat berpotensi menyebabkan sumber vitamin atau mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh terabaikan.

BAGIKAN
Ibu muda sekaligus nyambi jadi blogger yang menyukai banyak hal menyenangkan. Pecinta bakso tapi gak pernah sukses bikin bakso sendiri. Hobi nulis dan duit, kadang-kadang nulis dapet duit. :D Dan sedang belajar banyak hal di dunia IM. ;)

Bagaimana menurut Anda?

Komentar