7 Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

cara mengatasi bayi susah makan

Bayi yang susah makan merupakan permasalahan tersendiri bagi ibu. Tidak jarang anak menolak makanan yang disuapkan ibu, atau selalu memilih makanan yang itu-itu saja, sehingga nutrisinya dikhawatirkan tidak tercukupi, lalu sang bayi malah jadi kurus.

Setelah usia 6 bulan sang bayi diberi ASI, si bayi memang sebaiknya dikenalkan pada makanan padat pendamping ASI. Tahap pertama bisa dengan makanan lumat seperti bubur susu dan agar-agar, kemudian dilanjutkan dengan makanan yang lebih padat seperti nasi tim atau sari buah pada tahap kedua.

Sayangnya, proses ini kadang tidak bisa berjalan mulus. Ada saja kendala yang menyebabkan bayi susah makan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini tips untuk mengatasi bayi susah makan.

1. Sajikan Makanan dalam Porsi Kecil

Lambung bayi tentu berbeda dengan lambung anak-anak, apalagi orang dewasa. Cobalah sajikan makanan dalam porsi kecil agar si kecil terbiasa. Setelah porsi kecil tak ada masalah, ibu boleh menambahkan porsinya sedikit demi sedikit.

2. Variasi Makanan

Buatlah makanan beragam jenis untuk buah hati Anda, dan biarkan dia memilih makanan mana yang paling disukainya. Ibu bisa mencari inspirasi makanan kreatif melalui internet, majalah, atau konsultasi dengan dokter.

3. Beri Cemilan Sehat

Jika bayi tetap susah makan, cobalah diakali dengan memberinya camilan sehat dan bergizi. Ibu bisa membuat kentang isi wortel, roti isi daging cincang, sus isi coklat, kue buah, dan sebagainya.

4. Sajikan dengan Menarik


Anak kadang suka tampilan yang cerah dan berwarna warni. Cobalah sajikan makanan dalam bentuk unik seperti nasi tim wortel berbentuk lebah, buah yang dipotong menyerupai bola, dan sejenisnya. 

5. Hindari Gaya Memaksa

Jangan gunakan ancaman untuk memaksa anak makan. Sebaliknya, ibu sisihkan gangguan yang bisa mengalihkan perhatian anak seperti televisi, mainan, atau buku berwarna.

6. Libatkan Anak Saat Persiapan Makan


Ajak anak untuk membantu ibu menyiapkan makanan. Untuk anak yang berusia di atas 1 tahun, ibu bisa meminta si kecil untuk menuang sendiri susunya, membawa sendok, atau hanya menonton ibu memasak.

7. Hindari Memberi Minum di Sela-Sela Makan

Minum di tengah-tengah makan dapat memicu lambung terasa penuh lebih cepat. Sebaiknya jangan biasakan bayi minum di sela-sela makan.

Demikian cara mengatasi bayi susah makan, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:  Apa Penyebab Penyakit Kolesterol Tinggi?
BAGIKAN
Penikmat kopi, musik, dan sastra. Founder @jejakkaki_com, Owner @itemmanis_.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar