9 Cara Menghilangkan Dahak di Leher, Cobain Nih, Semoga Kamu Segera Sembuh

Cara Menghilangkan Dahak di Leher
Sumber gambar: bengkelsehathati.blogspot.com

Dahak memang sangat mengganggu, bahkan berpotensi menurunkan produktivitas kita.

Kalau menurut saya pribadi, dahak itu sangat mengganggu karena saya jadinya nggak boleh minum kopi. Padahal, kopi itu merupakan teman di saat-saat harus produktif, hehehe.

Biasanya dahak yang bersama batuk itu dikarenakan infeksi bakteri, infeksi virus, infeksi paru-paru, flu, kebiasaan merokok, dan lain-lain.

Nah, lantas, gimana dong caranya menghilangkan dahak tersebut? Setidaknya, ada 9. Berikut ini dia.

1. Minumlah jahe

cara menghilangkan dahak pada tenggorokan
Sumber gambar: merdeka.com

Minum jahe, ini merupakan satu cara yang dari dulu orang tua saya sering lakukan, bahkan hingga sekarang. Alhamdulillah, seringnya jadi agak lebih enakan dan membaik.

Bagus memang jahe ini buat sistem pernafasan kita.

Caranya, bisa dengan menggunakan 100 gram jahe segar yang sudah bersih dari kulit, kemudian diparut. Kemudian campur dengan air hangat secukupnya. Boleh juga ditambah sedikit madu, biar rasanya lebih enak.

Bagusnya Anda minum seperti itu dua kali dalam sehari, selama tiga hari.

2. Minumlah jeruk nipis

cara alami menghilangkan dahak
Sumber gambar: Pixabay

Kalau sebagian teman saya, mereka biasanya ampuh mengatasi dahak dengan jeruk nipis gini.

Caranya cukup mudah, cukup peras jeruk nipisnya, lalu campurkan dengan air hangat. Boleh juga ditambah sedikit madu.

Selain nanti dia bisa menghilangkan lendir di tenggorokan, dia bisa juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, termasuk bakteri dan virus.

3. Konsumsi mint

tips menghilangkan lendir di tenggorokan
Sumber gambar: Pixabay

Mint ini juga biasa bikin tenggorokan kita jadi lega. Sering juga dipakai untuk mengencerkan dahak. Makanya ada beberapa obat batuk herbal yang komposisinya mengandung mint.

Cara ramuannya juga mirip dengan yang sebelum-sebelumnya. Sediakan beberapa lembar daun mint yang sudah bersih, kemudian masukkan ke air panas. Tunggu beberapa saat, hingga menjadi hangat, kemudian siap diminum.

Meski saya pribadi sih biasanya lebih suka beli madu batuk El-Iman yang udah mengandung mint di dalamnya.

Artikel Lainnya:  6 Cara Menambah Nafsu Makan Orang Dewasa

4. Makan pakai bawang putih

cara alami menghilangkan dahak di tenggorokan
Sumber gambar: Pixabay

Bawang putih mempunyai kandungan zat antibiotik alami. Makanya ia mampu membunuh bakteri maupun virus, secara efektif.

5. Banyak-banyaklah minum

Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari

Dengan minum air yang banyak, terutama air putih, maka daya tahan tubuh semakin meningkat. Sebaiknya air hangat.

Maka metabolisme tubuh bisa menjadi lancar, dan turut mengencerkan dahak di tenggorokan. Sehingga, Anda jadi lebih mudah untuk mengeluarkannya.

Tentunya jangan meminum minuman yang dingin, banyak gula, dan yang menyebabkan produksi lender membanyak.

6. Konsumsi buah-buahan

tips menghilangkan dahak
Sumber gambar: Pixabay

Buah memang sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Karena dia dapat mengaktifkan berbagai enzim, dan antibodi pada tubuh kita, untuk melawan berbagai pennyakit.

Makanya ada baiknya Anda rutinkan konsumsi buah, karena dengan begitu, kuman penyebab radang tenggorokan maupun pada saluran pernafasan akan dilawan dari dalam tubuh kita secara alami. Sehingga insyaAllah akhirnya dahak yang ada didalamnya dapat hilang seiring matinya kuman penyebabnya.

7. Pakai masker saat di luar

cara menghilangkan lendir di tenggorokan secara alami
Sumber gambar: http://stikessuryaglobal.ac.id/

Selain usaha kuratif, tentunya hasulah kita juga melakukan usaha preventif, agar dahaknya tak makin ganas.

Salah satu caranya, kenakanlah masker. Ntah itu apabila Anda sedang di luar Rumah, di tempat yang mengandung banyak polusi udara, atau di kerumunanorang banyak.

8. Olahragalah

cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara alami

Olahraga juga merupakan salah satu usaha preventif sekaligus kuratif. Karena, olahraga dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

9. Jangan lupa, hentikan dulu hal-hal penyebab dahaknya

cara alami mengeluarkan dahak di tenggorokan
Sumber gambar: http://www.publicdomainpictures.net

Nah, ini yang nggak kalah penting. Malah, yang terpenting. Sementara ini, pastikan dulu Anda stop hal-hal yang dapat menyebabkan dahaknya makin bertambah dan parah.

Misalnya, minum minuman dingin, makan makanan yang banyak mengandung gula, makan coklat, merokok, dan sebagainya. Anda harus bisa menahan diri dulu dari itu semua, hingga Anda benar-benar membaik.

Nah, begitulah kurang-lebih 9 cara yang bisa Anda lakukan, untuk menghilangkan dahak di leher Anda. Semoga bermanfaat, hingga Anda jadi sembuh yaa.. Aamiin.. ^^

Artikel Lainnya:  10 Makanan Baik yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak Anda

Sumber materi: HaloSehat.com, Kesehatanaz.com, Sehatpedia.web.id, dan WongSehat.com. 

Suka konten-konten TeknikHidup ini?


BAGIKAN
Reyigh Pakaldolok
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan salah satu cara menjadi manusia yang bermanfaat adalah dengan menulis. InsyaAllah...