9 Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Ibu

ASI (Air Susu Ibu) adalah susu eksklusif yang diberikan ibu kepada bayinya. Dengan sistemnya yang kompleks, ASI diproduksi oleh tubuh perempuan dan mampu mengkombinasikan nutrisi sempurna bagi bayi. Tak kurang dari 100 jenis nutrisi terkandung dalam air susu alamiah ini..

Kemampuan ibu untuk mengeluarkan ASI merupakan anugerah Allah yang patut disyukuri. Apalagi tak sedikit ada sebagian ibu yang ASInya tak bisa keluar. Pasalnya, ada banyak manfaat yang tersembunyi di balik aktivitas “sederhana” menyusui bayi.

Nah, apa saja manfaat tersebut? Setidaknya ada 9. Inilah 9 manfaat pemberian ASI bagi ibu dan bayi.

Manfaat dan Fungsi ASI Bagi Bayi:

Berikut ini manfaat ASI bagi bayi:

1. Mengandung Antibodi dalam Jumlah Besar Bagi Sang Bayi

ASI sangat penting, karena ASI, Antibodi dalam jumlah besar sangat membantu bayi untuk memperkuat kekebalan tubuh dan memerangi berbagai macam penyakit, seperti asma, pneumonia, diare, infeksi telinga, alergi, hingga radang usus buntu.

Tentu Anda tidak mau dan sedih apabila bayi Anda sakit kan?

2. Hormon dalam ASI dapat Menimbulkan Rasa Nyaman pada Bayi

ASI dapat memunculkan rasa nyaman dan kantuk pada bayi, sehingga membantu bayi yang sedang dalam proses pertumbuhan.

3. Membantu Perkembangan otak Bayi

Bayi yang diberi ASI eksklusif sampai usia tertentu, biasanya memiliki IQ 6 poin lebih tinggi dibandingkan bayi yang hanya diberi susu formula. Betapa tidak, memang demikian urgenlah fungsi ASI bagi bayi Anda..

4. Mendekatkan Ibu dan Bayi secara Psikologis

Mendekap bayi sambil memberinya ASI dapat menimbulkan ikatan tak terlihat antara ibu dan bayi,yang tidak mungkin dapat dilakukan oleh susu formula manapun.. hehehe..

Manfaat dan Keuntungan Ibu Menyusui:

Tidak hanya bagi sang bayi, tentu juga ada keuntungan ibu menyusui. Berikut ini manfaat ASI bagi ibu:

Artikel Lainnya:  Langkah-Langkah Metode Diet Efektif yang Terbaik

5. Menyusui Merupakan Metode Diet yang Mudah, Murah dan Praktis Bagi Ibu

Menyusui dapat membakar kalori tubuh hingga 200-250 kalori per hari. Jumlah kalori yang sama dikeluarkan oleh mereka yang aktif berolahraga di tempat-tempat kebugaran. Sehingga, ibu menyusui tidak perlu takut kegemukan.

6. ASI itu Gratis

ASI adalah pemberian Allah. Bandingkan dengan susu formula yang biayanya bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan dalam sebulan?

7. ASI itu Siap Sedia, Gak Bikin Repot

Kapanpun buah hati membutuhkan, ibu tinggal mendekap dan memberikan ASI pada bayinya. Berbeda dengan susu formula yang harus membersihkan botol dan memanaskan air terlebih dulu sebelum memberikan pada anak.

8. Menyusui Merupakan Metode Kontrasepsi Alami

Iya, salah satu keuntungan unik dari ASI bagi sang ibu, ialah merupakan metode kontrasepsi alami.

9. Menyusui Bagus untuk Kesehatan Sang Ibu

Menyusui dapat membantu mengembalikan uterus ke ukuran normal, mengurangi resiko osteoporosis, serta mencegah terjadinya berbagai jenis kanker terutama kanker ovarium dan payudara.

Nah, begitulah.. Demikian 9 manfaat pemberian ASI bagi bayi dan ibu. Semoga senantiasa selalu ada keuntungannya bagi Anda sebagai ibu, dan tentunya senantiasa bermanfaat pula fungsi ASI tersebut bagi bayi Anda.

Sumber gambar: Pixabay

BAGIKAN
Penikmat kopi, musik, dan sastra. Founder @jejakkaki_com, Owner @itemmanis_.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar