Ini 17 Cara Berpikir Orang Sukses, yang Membuatnya Beda Banget dengan Orang Rata-Rata

cara berpikir orang sukses

Apa yang menentukan sukses dan tidaknya seseorang? Yang menentukannya adalah, cara berpikir orang sukses itu sendiri, dan pendekatan yang mereka lakukan dalam berbagai situasi, insya Allah. Apakah kamu tipe orang yang selalu mengutamakan totalias, atau kamu adalah orang yang sering mencoba-coba terlebih dahulu?

Untuk mengetahui cara orang-orang sukses berfikir dan bertindak, berikut adalah beberapa pembahasan yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagimu.

1. Mereka fokus pada hal yang paling penting

Mereka fokus pada hal yang paling penting

Dalam sehari hanya ada 24 jam. Bagaimana kamu memanfaatkan setiap jam dalam 24 jam tersebut? Orang-orang sukses tahu apa yang harus dilakukan jam demi jam dan hari demi hari.

Ini adalah sesuatu yang penting yang perlu kamu lakukan sebelum mulai menonton video geje di Youtube dan faceebook.

2. Mereka menyelesaikan pekerjaan satu demi satu

langkah menuju sukses

Mereka tetap memiliki list mengenai apa yang akan dilakukan namun, mereka hanya fokus pada proyek-proyek yang perlu dikerjakan pada saat itu. Orang sukses berpikir bahwa, menyelesaikan 3 item kunci dalam sehari berarti bahwa mereka sangat produktif pada hari tersebut.

Jika kamu sudah menyelesaikan beberapa proyek, kamu bisa melanjutkannya ke proyek yang lain. Jangan melihat kapan pekerjaan-pekerjaan akan terselesai melainkan, cobalah untuk fokus mengelola dan menyelesaikan satu demi satu list pekerjaan yang kamu miliki.

3. Mereka suka sharing dengan orang lain

cara menuju kesuksesan

Apakah kamu memiliki ide yang bagus dan hebat? Jangan merahasiakannya. Mulailah berbagi ide dengan orang lain, entah itu orang yang satu perusahaan denganmu, teman, orang asing, atau orang yang kamu temui di warung kopi.

Coba lihat apa tanggapan mereka mengenai ide yang kamu miliki tersebut. Mungkin saja mereka akan menunjukkan sesuatu yang tidak pernah terpikirkan olehmu sebelumnya, sehingga dapat membuat ide yang kamu miliki tersebut menjadi kian besar dan hebat.

4. Mereka menerapkan teori 80-20

bagaimana cara menjadi orang sukses

Teori Pareto mengatakan bahwa 80% keberhasilan berasal dari 20% usaha. Jadi cobalah untuk mengidentifikasi dan fokus pada hal yang 20% tersebut.

5. Mereka belajar menenangkan pikiran

cara agar menjadi orang sukses

Meditasi merupakan salah satu kunci orang-orang sukses. Mereka meluangkan waktu entah itu 5 menit atau 30 menit untuk menenangkan pikiran dan mereka juga selalu mengambil waktu untuk berlibur. Karena orang-orang sukses tahu bahwa otak mereka membutuhkan istirahat untuk menghasilkan ide-ide brilian.

6. Mereka selalu optimis

ingin menjadi orang sukses,

Berhentilah berpikir negatif atau pesimis mengenai proyek yang kamu kerjakan. Karena dengan berpikir positif, proyek yang kamu kerjakan kemungkinan besar akan sukses. Pikiran negatif hanya akan menghancurkan segala usaha dan membuatmu menyerah sebelum berusaha.

Artikel Lainnya:  Mereka yang Cita-Citanya Tak Kunjung Tercapai Memiliki Kesamaan; Yaitu Suka Membuat Alasan, Alasan, dan Alasan

7. Mereka tidak takut menjadi seseorang yang inkonvensional

rahasia hidup sukses

Pemikiran yang hebat tidak selalu mengarah pada hasil yang diharapkan. Dibutuhkan sesuatu hal yang tidak konvensional dan dibutuhkan sebuah resiko untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dengan kata lain, jika selama ini kamu berpikir secara konvensional dan kemudian hasilnya tidak pernah sesuai dengan apa yang kamu inginkan, mungkin sudah saatnya kamu melakukan sesuatu yang berbeda.

8. Mereka mengikuti keinginannya

kiat jadi orang sukses

Orang-orang sukses selalu mengikuti apa yang menjadi passion-nya atau menjadi keinginan terbesarnya. Jika anda mengatakan bahwa kamu akan melakukan sesuatu, maka lakukanlah jangan pernah ditunda. Karena kebanyakan orang gagal disebabkan mereka hanya berpikir dan berteori namun jarang ada yang mau langsung bertindak atau take action.

9. Mereka suka berkolaborasi

mencapai kesuksesan

Jika kamu memiliki proyek besar yang akan kamu mulai, cobalah untuk mencari mitra, seseorang yang bisa membuat proyek tersebut memiliki kemungkinan berhasil lebih besar.

Orang-orang sukses menyadari bahwa satu ide akan menghasilkan sesuatu yang besar. Namun apabila ada dua ide kreatif, maka sesuatu yang spektakuler bisa tercipta.

Jadi, jangan heran apabila kamu melihat banyak kolaborasi atau kerjasama yang dilakukan oleh orang-orang hebat, entah itu seniman yang berkolaborasi dengan fotografer, atau perusahaan teknologi besar berkolaborasi dengan start-up baru.

10. Mereka tahu bahwa mereka bisa melakukannya

motivasi menjadi orang sukses

Cara berpikir orang sukses yang perlu kamu tahu selanjutnya adalah, jika mereka berpikir bahwa mereka bisa melakukannya, maka segala sesuatunya sangat mungkin. Sederhananya, kesuksesan bisa diraih apabila kita percaya pada kemampuan diri sendiri.

Jika kamu ingin menjadi seorang penulis best seller, maka kamu harus percaya bahwa kamu adalah seorang penulis handal yang bisa melakukannya.

11. Mereka mengembangkan pikiran yang mereka miliki

cara pikir orang sukses

Ide-ide yang bagus tidak selalu hadir dalam waktu singkat. Dibutuhkan kemauan dan waktu untuk mengembangkan ide tersebut. Setiap ide akan datang dan kemudian dianalisa, dikembangkan dan kemudian diterapkan. Semua itu membutuhkan kesabaran dan kerja keras. Jika selama ini kamu hanya memberikan 100%, selanjutnya cobalah untuk memberikan lebih dari itu, misalnya 150% atau 200% lebih banyak.

12. Mereka tidak takut untuk menjadi seseorang yang berbeda

langkah menjadi orang sukses,

Melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan oleh orang lain akan membuatmu sulit mendapatkan kesuksesan. Chase Jarvis mengatakan “Jadilah berbeda, bukannya menjadi lebih baik”, kata-kata tersebut menggambarkan bahwa kita tidak harus menjadi seperti orang lain melainkan, cobalah untuk menjadi diri sendiri yang unik.

Artikel Lainnya:  12 Cara Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis, Harus Dicoba Nih Biar Nggak Merasa Sebal Melulu di Jalan

13. Mereka meyakini apa yang mereka percaya, tidak peduli apapun halangannya

agar menjadi orang sukses

Orang-orang sukses akan selalu memiliki keyakinan yang besar terhadap apa yang mereka percaya. Kamu tidak akan selalu mendapatkan dukungan dari orang-orang, namun kesuksesan bisa lahir apabila kamu memiliki kemauan dan kepercayaan yang kuat serta keyakinan akan kemampuannya.

14. Mereka tidak setengah-setengah

kenapa orang bisa sukses

Saat mereka melakukan sesuatu, mereka tidak pernah melakukannya setengah-setengah, melainkan, mereka selalu melakukannya sepenuh hati.

15. Mereka selalu siap mengambil resiko untuk bisa menjalani dan meraih apa yang mereka percaya

cara orang sukses berpikir

Apakah hal tersebut adalah jaminan kesuksesan? Tidak. Akan tetapi belajar dari apa yang telah terjadi dan belajar dari pengalaman atau kegagalan akan membuatmu lebih dekat pada keberhasilan.

16. Mereka belajar dari kegagalan

pikiran orang sukses

Apakah sesuatu yang kamu kerjakan berhasil atau tidak, kamu tetap harus menganalisanya. Sebisa mungkin ketahui apa yang kira-kira membuatmu mendekati keberhasilan dan apa yang kira-kira menyebabkan kegagalan. Kembangkan apa yang bisa dikembangkan.

Cara berpikir orang sukses, mereka selalu mundur selangkah setelah segala sesuatunya selesai dan melihat hasilnya, serta mereka selalu belajar dari kesalahan agar tidak terulang di masa yang akan datang.

17. Mereka istiqamah bertaqwa

cara hidup untuk sukses

Tentu akal kita tak bisa menafikan, bahwa pasti ada tujuan Pencipta menciptakan ciptaanNya. Yakni, bertaqwa. Sejatinya, orang yang sukses adalah mereka yang senantiasa melakukan seluruh perintah Allah, dan menjauhi semua laranganNya. Sehingga, apabila ia istiqamah bertaqwa, kemudian Allah ridha padanya, insyaAllah di Akhirat kelak ia akan masuk Surga.

Adapun harta miliknya, tenaganya, ilmunya, dan semuanya, baginya merupakan alat untuk membantu bertaqwa. Pun tips-tips manajemen, produktivitas, digunakan dalam rangka bertaqwa kepada Allah Swt.

Begitulah, sejatinya cara berpikir orang sukses. Senantiasa memastikan aktivitasnya halal, tidak haram. Pun konsisten melakoni yang wajib. Konsisten menjauhi yang haram. Giat melakoni yang sunnah. Dan ogah melakukan yang makruh.

Karena mereka paham benar dengan dasar hidupnya, kalimat syahadat, laa ilaaha illallah, yakni makna illah di situ adalah al ma’bud. Yaitu Yang disembah secara mutlak. Ga nanggung-nanggung. Seluruh harta, waktu, tenaga, nyawa, siap dikorbankan untukNya, kapapun, di manapun, dalam kondisi apapun.

Dan mereka paham pula dengan aqidah Islam. Yakni, pandangan menyeluruh tentang manusia, kehidupan, dan alam semesta.. yang mana sebelum itu semua, ada penciptaan. Dan setelah itu semua, ada hari hisab pertanggungjawaban atas semua kelakuannya di dunia, kemudian akhirnya ia akan kekal di salah satu tempat, Surga atau Neraka.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.