6 Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerjanya

cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja

Boleh dikatakan, hampir semua karyawan, bahkan mereka yang giat bekerja dan tampaknya adalah seorang workaholic; membutuhkan motivasi dari waktu ke waktu agar semangatnya tidak kendor.

Karyawan yang tidak memiliki motivasi biasanya adalah orang-orang yang tidak mendapatkan pengakuan yang layak, tidak memiliki jalur komunikasi yang terbuka dengan atasan atau manager, atau mereka yang tidak diberi kesempatan untuk mendapatkan waktu libur dalam rangka menyegarkan pikiran.

Faktor-faktor tersebutlah yang kemudian menyebabkan pentingnya memotivasi karyawan untuk memberikan dampak yang lebih baik bagi karyawan itu sendiri maupun bagi perusahaan.

Agar karyawan lebih termotivasi dan agar produktivitas menaikkan meningkat, berikut adalah beberapa cara meningkatkan motivasi kerja karyawan yang bisa Anda coba.

1. Berilah mereka sebuah Pengakuan.. Karena sejatinya itulah bedanya orang dengan mesin. Kalau mesin, nggak butuh pengakuan kan?

meningkatkan motivasi kerja karyawan

Bagaimanapun besar atau kecilnya kontribusi yang diberikan oleh seorang karyawan, seorang atasan atau manajer atau perusahaan harus menghargai atau memberikan pengakuan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memberikan pengakuan, misalnya, dengan menjalin hubungan baik (berbicara face to face) dengan karyawan, atau dengan memberikan penghargaan berupa hadiah.

Penghargaan tersebut bukan diberikan karena mereka (karyawan) berprestasi melainkan memang murni sebagai penghargaan. Namun tentu saja hal tersebut sangat bergantung dari anggaran yang dimiliki oleh perusahaan.

Tetapi perlu diingat kembali, bahwa pengakuan merupakan salah satu kunci untuk menunjukkan bahwa karyawan tersebut dihargai sehingga mereka termotivasi untuk bekerja lebih giat dan lebih produktif.

2. Percayai mereka..

cara memotivasi karyawan

Karyawan juga tidak hanya harus dihargai, melainkan juga harus merasa dipercaya.

Karena karyawan yang merasa dipercaya oleh perusahaan atau atasan, biasanya akan lebih bertanggung jawab. Hal tersebut bisa dicapai salah satunya adalah dengan memberikan tanggung jawab atau peran kepemimpinan kepada karyawan yang sedikit lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Artikel Lainnya:  5 Pekerjaan Freelance yang Paling Menjanjikan dan Menguntungkan Saat Ini

Atau, mereka (para atasan dan manajer) yang juga bisa melibatkan karyawan dalam pertemuan-pertemuan penting sehingga kepedulian mereka terhadap perusahaan akan meningkat.

3. Lakukanlah kegiatan team building

cara meningkatkan kinerja karyawan

Kegiatan tim building bisa diselenggarakan selama bekerja atau di luar waktu bekerja. Biasanya beberapa perusahaan akan menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan ini.

Misalnya dengan permainan game team building atau dengan permainan game yang memancing kreatifitas. Tentu saja kegiatan tersebut akan memiliki banyak manfaat terutama untuk memancing kreativitas karyawan untuk berpikir lebih kreatif bekerja lebih giat dan tentunya untuk memotivasi mereka.

Namun yang paling penting dari kegiatan tersebut adalah, untuk meningkatkan kemampuan kerjasama antar karyawan sehingga mereka bisa bahu-membahu dan lebih peduli terhadap rekan kerja maupun terhadap perusahaan itu sendiri.

Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah outbound.

4. Pengakuan terhadap setiap individu, tidak hanya terhadap tim

memotivasi karyawan

Mengakui kinerja seluruh tim memang sangat dianjurkan. Akan tetapi, pengakuan terhadap individu yang ada di dalam tim apabila mereka prestasi, adalah sesuatu yang juga perlu disikapi dan sangat penting.

Biasanya hal tersebut akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap motivasi mereka untuk menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Dan ini juga adalah bentuk dari sebuah keadilan dimana karyawan yang berprestasi akan diberikan ganjaran atau penghargaan yang sebanding.

5. Senantiasa ajak mereka untuk bareng-bareng menghadiri acara perusahaan

Tips Meningkatkan Motivasi Karyawan

Apabila perusahaan menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan perusahaan, mereka setidaknya harus melibatkan karyawan untuk memberikan karyawan tersebut pengalaman dan pengetahuan yang dibutuhkan.

Pengalaman baru yang didapatkan oleh karyawan bisa membuat mereka lebih termotivasi dan lebih merasa dipercaya. Biasanya mereka akan membawa pengalaman dan pengetahuan yang mereka dapatkan dari acara tersebut hingga ke tempat kerja.

Artikel Lainnya:  Agak Seram Saat Tak Terasa Kok Waktu Cepat Banget Berlalu? Jangan Khawatir, Asal Anda Isi dengan 10 Hal Bermanfaat Ini

Selain itu, karyawan juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan profesional yang mungkin kedudukannya lebih tinggi dari mereka. Sehingga, mereka memiliki kesempatan untuk berbicara langsung, yang mungkin saja dapat memberikan mereka banyak inspirasi.

6. Selalu bantulah mereka menempuh jenjang karir yang menarik

cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan

Sebuah perusahaan juga sebaiknya menyediakan mentor yang dapat membimbing dan memberikan saran kepada karyawan bagaimana caranya meniti karir.

Membicarakan masa depan dengan karyawan dan bagaimana cara meraihnya akan membuat mereka termotivasi dan akan mendorong mereka untuk berusaha terutama bekerja dengan lebih giat.

Sejatinya, meningkatkan motivasi karyawan tidak begitu sulit bukan? Malahan, bahkan terkadang bisa sangat menyenangkan.

Tips meningkatkan motivasi karyawan ini bisa Anda pertimbangkan dan bisa Anda terapkan di perusahaan tempatmu bekerja untuk meningkatkan etos kerja, memajukan perusahaan dan untuk mempererat jalinan kerjasama dan komunikasi antara karyawan dengan atasan. InsyaAllah..

Sumber gambar: Pixabay

BAGIKAN
Ibu muda sekaligus nyambi jadi blogger yang menyukai banyak hal menyenangkan. Pecinta bakso tapi gak pernah sukses bikin bakso sendiri. Hobi nulis dan duit, kadang-kadang nulis dapet duit. :D Dan sedang belajar banyak hal di dunia IM. ;)

Bagaimana menurut Anda?

Komentar