10 Cara Agar Bisa Bangun Pagi. Kamu Susah Bangun Cepat? Harus Praktekkan Ini!

cara agar bisa bangun pagi

Pasti Anda sudah sangat merasa kesal, sudah berkali-kali bangun kesiangan. Gara-gara itu, jadinya kerjaannya nggak optimal beres. Karena memang, suatu hari yang baik itu berawal dari suatu pagi yang baik.

Maka, tentunya hal itu harus disudahi. Mulai besok, jangan sampai Anda bangun kesiangan lagi. Anda sudah harus bisa bangun cepat pagi-pagi banget, misalnya sebelum subuh.

Nah, gimana caranya? Paling tidak, Anda bisa coba praktekkan 10 jurus ini.

1. Jangan makan lagi setelah jam 8 malam. Biar nggak lapar, pastikan Anda makan beberapa jam sebelumnya.

cara bangun pagi
Sumber gambar: Pixabay

Iya. Kalau kita makan menjelang tidur, maka perut kita akan senantiasa bekerja untuk mencerna makanan tersebut. Padahal, seharusnya saat kita tidur itu perut kita ikut istirahat juga. Harusnya begitu. Nah, kalau perut yang harus istirahat malah kerja, maka kita butuh waktu tidur lebih. Sehingga, sulitlah untuk bangun cepat.

Lagian juga dampak buruk lainnya, nanti bisa mengakibatkan gangguan pencernaan dan perut pun mulas.

2. Jangan minum kopi pada saat beberapa jam sebelum tidur. Termasuk juga minuman lain yang mengandung kafein.

susah bangun pagi
Sumber gambar: Pixabay

Sudah tidak menjadi rahasia lagi, bahwa kopi suka diminum orang-orang, dengan tujuan supaya nggak ngantuk. Karena memang kafein pada kopi cukup tinggi, sehingga membuat jantung berdetak lebih.

Namun, pada kondisi tertentu, kopi malah bisa bikin kita jadi sulit tidur. Kalau sulit tidur, hingga akhirnya baru tidur saat larut malam; maka besoknya jadi susah bangun cepat.

Tentunya bukan cuman kopi yang bisa begitu, namun apapun yang mengandung kafein banyak.

Kalau memang mau minum, mending air putih biasa saja. Karena memperbanyak minum air putih apat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh insyaAllah jadi sehat. Dengan tubuh yang sehat, nggak akan sulit untuk bisa bangun pagi setiap hari.

3. Tidak bisa tidak, harus tidur lebih awal. Iya, pokoknya harus tidur lebih awal.

cara mudah bangun pagi
Sumber gambar: Pixabay

Ini logika sederhana. Bahkan terbukti faktanya. Tidur lebih awal, agar bisa bangun lebih awal. Tidur kelamaan, maka bangunnya pun lama juga.

Meski memang tidak menutup kemungkinan orang yang bedang bisa tidur sebentar saja, kemudian bangun cepat. Namun, faktanya itu lebih berat daripada kalau tidur cukup. Kalau tidur cukup, maka lumayan ringan untuk langsung berdiri.

Artikel Lainnya:  20 Cara Terbukti Meningkatkan IQ, Hingga Cerdas-Cemerlangnya Anda Sulit Disaingi

4. Atur ruangan tidur, termasuk tempat tidur, menjadi senyaman mungkin.

cara agar bangun pagi
Sumber gambar: Pixabay

Tidur yang nyaman itu kunci tidur yang berkualitas, hingga kemudian bikin kita mudah bangun. Kunci lhoo..

Prakteknya bisa banyak hal, termasuk beberapa yang disebutkan pada poin-poin sebelumnya, dan berikutnya. Selain itu, misalnya:

  • Rapihkan kasur
  • Pastikan tidak ada nyamuk
  • Jika kepanasan, hidupkan AC, atau kipas angin, atau buka jendela, atau coba cara lain
  • Jika kedinginan, pakailah selimut, atau coba cara lain
  • Dan lain-lain.

Pokoknya, bila memungkinkan, usahakanlah tidur itu harus enak dan nyaman.

5. Jangan tidur siang kelamaan. Tidur siang memang bagus, tapi sebentar aja. Kalau kelamaan, justru nggak bagus.

cara cepat bangun pagi
Sumber gambar: Pixabay

Bobok siang itu memang bagus. Selain memang sunnah, bisa jadi laksana nge-charge tubuh, lantaran dari pagi sudah banyak aktivitas, dan next pun sampai malam masih ada aktivitas lain juga.

Namun, hati-hati. Jangan sampai bablas. Kalau tidur siangnya kelamaan, bisa bikin malamnya lebih melek dan susah tidur. Mungkin tidur siangnya cukup 15 menit saja, atau 20, atau 30, atau mungkin paling lama 45 menit deh.

6. Jangan bahas yang berat-berat pada saat beberapa jam sebelum tidur malam. Kalau bisa, bahas yang berat-berat itu sebelum tidur siang aja sih..

tips bangun pagi
Sumber gambar: Pixabay

Pembahasan yang berat-berat, yang notabene memicu stress dan kecemasan, akan membuat kita sulit tidur juga. Bahkan kecemasan itu memang satu hal yang biasa menyebabkan kenapa seseorang bisa kuat begadang.

Maka dari itu, bila memungkinkan, usahakan agar Anda menghindari pembahasan-pembahasan tersebut menjelang tidur malam.

Ada baiknya bahasan berat dibahas sebelum tidur siang saja. Karena kalau memang hal itu memberatkan, sementara di suatu waktu Anda ngantuk banget, maka ketika bangun tidur siang rasa keberatannya jadi berkurang, bahkan tidak ada.

7. Pasang alarm. Terus, taruh agak jauh dari tempat tidur. Namun, tentu pastikan suaranya tetap keras.

tips agar bisa bangun pagi
Sumber gambar: Pixabay

Optimalkan usaha Anda dengan alarm. Jangan dispelekan. Meski memang nggak jarang menurut sebagian orang, alarm itu nggak berpengaruh. Namun, faktanya ada juga sebagian orang yang berpengaruh dengan adanya alarm.

Pun baiknya jangan sekadar alarm. Cobalah jadikan audio favorit Anda sebagai nada alarm.

Artikel Lainnya:  Menjadi "Terbaik" Itu Mungkin Sulit, Tapi Menjadi "Lebih Baik" Itu Sangat Bisa!

Dan agar semakin optimal, ada baiknya pasanglah beberapa alarm pada beberapa jam. Setahu saya biasanya fitur seperti ini terdapat pada mayoritas smartphone Android. Anda bisa men-set alarm pada pukul 03:50, 04:00, 04:15, dan seterusnya. Bisa banyak-banyak. Saya pribadi, bahkan bisa men-set sampai sepuluh waktu, dan ini cukup efektif berhasil bikin saya cepat bangun, tidak tidur lagi.

Selain itu, tipsnya, coba letakkan alarm tersebut agak jauh dari tempat tidur Anda. Agar Anda berdiri dan berjalan, sehingga meminimalisir kemungkinan Anda untuk tidur lagi.

8. Minta orang lain bangunin Anda. Tentunya usahakan orang tersebut sudah biasa bangun pagi.

cara agar bisa bangun subuh
Sumber gambar: Flickr

Maksimalkan lagi ikhtiar Anda dengan cara meminta bantuan orang lain untuk membangunkan Anda. Bisa orang tua, pasangan, kakak, adik, teman, atau yang lainnya.

Karena tidak menutup kemungkinan alarm pun tidak mempan. Namun bukan berarti menyepelekan fungsi alarm, hanya saja untuk antisipasi, apabila alarm tak begitu berdampak, masih ada kemungkinan dibangunin orang lain.

Dan agar lebih optimal, mungkin Anda bisa memberikan izin kepada orang yang akan membangunkan Anda tersebut untuk membangunkan Anda dengan cara-cara yang unik. Misalnya dengan memercikkan air, dengan mengambil selimut dan gulingnya, dengan sembari mengucapkan kata-kata tertentu, atau yang lainnya.

9. Mohon do’a pada Allah, semoga besok dibangunkan cepat. Karena besok Anda hendak melakukan kebaikan yang notabene perintah Allah SWT.

cara bisa bangun pagi
Sumber gambar: Pixabay

Inilah yang terpenting, dan saya pribadi cukup berhasil menggunakan cara ini. Berdo’alah kepada Allah minta untuk dibangunkan lebih awal esok hari.

10. Pajang kertas atau papan yang bertuliskan impian Anda, cita-cita, target, dan sebagainya; di dinding Anda, dengan tulisan yang gede. Agar saat bangun pagi, Anda langsung melihat tulisan tersebut dan segera berusaha berjuang mewujudkannya.

cara membiasakan bangun pagi
Sumber gambar: Pixabay

Mungkin ini merupakan cara terakhir, agar saat kita sudah bangun, tidak tidur lagi.

Dengan langsung melihat cita-cita, impian, target, tujuan, dan sebagainya; maka kita akan menjadi semangat, dan cenderung untuk bergerak. Tidak akan mau memilih tidur lagi, karena masih banyak kewajiban yang harus dikerjakan.

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar