Sering Lupa dan Kurang Konsentrasi? Atasilah dengan 8 Cara Ini, Agar Kerja Jadi Optimal

Sering Lupa dan Kurang Konsentrasi? Atasilah dengan 8 Cara Ini, Agar Kerja Jadi Optimal

Sering lupa dan kurang konsentrasi memang sangat mengganggu. Nampaknya sih spele, namun sekiranya kita hendak mengevaluasi aktivitas harian kita, kerap hal tersebut menjadi penghambat keberhasilan kita.

Seandainya kita bisa senantiasa mengingat sesuatu, dan mampu fokus, maka insyaAllah aktivitas harian pun lancar.

Kenapa bisa suka lupa dan sulit konsentrasi begitu, bisa jadi karena faktor internal tubuh ada bermasalah, atau bisa jadi juga soal teknis manajemen saja.

Nah, maka dari itu, sekiranya Anda masih juga sering lupa-lupa dan susah fokus gitu, ada baiknya coba atasi hal tersebut dengan 8 tips berikut ini.

1. Usahakan agar peredaran darah Anda tetap lancar

Ini yang sering terjadi pada banyak orang, khususnya orang zaman sekarang. Bila peredaran darah kurang lancar, termasuk peredaran darah ke otak, maka asupan oksigen ke otak juga jadi terhambat. Sehingga, wajar jadinya ingatan kurang membaik, dan susah fokus. Bahkan ada sebagian yang sampai gampang ngantuk padahal masih pagi.

Biasanya yang bikin peredaran darah tidak lancar itu:

  • Kurang olahraga, atau aktivitas fisik
  • Kebanyakan konsumsi gula
  • Kebanyakan konsumsi lemak buruk
  • Dan sebagainya…

2. Harus senantiasa punya catatan

Jangan 100% mengandalkan pada ingatan, haruslah juga Anda catat. Terserah ntah di buku, kertas, smartphone, post it, dan lain-lain.

Saya pribadi saja, salah satu aplikasi yang ‘wajib’ saya buka setiap hari, adalah Evernote dan Microsoft Excel. Karena, di Evernote dan Microsoft Excel itu:

  • Ada kumpulan judul artikel yang hendak saya tulis beberapa hari ke depan
  • Ada kumpulan artikel dari website lain yang terbukti viral, yang notabene bagus untuk dijadikan pelajaran
  • Ada kumpulan ide desain yang hendak didesain nanti
  • Ada kumpulan daftar hutang dan piutang 😛
  • Ada coret-coretan hitung-hitungan uang
  • Ada catatan materi kajian Islam
  • Ada to-do list agenda harian
  • Ada data target yang hendak dicapai
  • Ada data pencapaian selama ini
  • Dan lain-lain..

Oh iya, selain di Aplikasi, saya juga menempel kertas catatan di dinding tempat kerja saya.

Banyak kan? Iya tentu saja. Dan rasa-rasanya akan sulit sekali menghafal itu semua. Tentu hal-hal tersebut harus ditulis, dan diorganisir agar jadi rapih, sehingga memudahkan kita untuk konsentrasi pula.

Artikel Lainnya:  4 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Jangan hanya mengandalkan ingatan doang, bisa panik ntar… akhirnya sering lupa dan susah konsentrasi…

3. Kalau bisa, menjauhlah dari suara-suara orang

Banyak orang yang seperti itu. Mereka tidak bisa konsentrasi bekerja, bila di dekatnya ada orang yang ngobrol ataupun mengajak dia mengobrol. Makanya, mereka lebih suka bekerja di tempat yang sepi. Ada juga yang suka bekerja pada malam hari atau dini hari, saat benar-benar sepi semua orang pada tidur.

Saya pribadi pun mirip seperti itu. Hanya saja, itu kalau soal membaca dan menulis. Kalau saya sedang menulis, namun di dekat saya ada orang ngobrol, itu susah banget konsentrasi. Sedangkan pekerjaan lain yang minim membaca dan menulis, tidak apa-apa bila ada suara-suara orang. Misalnya kalau sedang mendesain.

4. Bisa juga gunakan headset

Masih berhubungan dengan cara sebelumnya, bila memang kita terganggu oleh suara orang sehingga susah fokus, maka kita bisa menyalakan musik sambil mengenakan headset saja.

Sebagian orang, ada yang lebih suka musik instrumental untuk bisa fokus.

5. Sebaiknya jangan sampai dehidrasi, minumlah air yang cukup

Nah ini penyebab internal berikutnya yang kerap membuat kita jadi buyar hingga sulit mengingat dan berkonsentrasi. Selain peredaran darah yang tak lancar, yaitu dehidrasi.

Jangan sampai Anda dehidrasi. Pastikanlah Anda setiap hari minum air yang cukup. Iya, sebaiknya air putih mineral saja, daripada yang lain-lain.

6. Sebaiknya jangan berkecimbung pada banyak bidang

Maksud berkecimbung pada banyak bidang itu seperti berikut:

  • Jadi ketua sebuah organisasi
  • Jadi pengurus sebuah acara
  • Ada jadwal rutin less private
  • Ada jadwal rutin olahraga
  • Ada jadwal menjadi pemateri rutin di sebuah seminar
  • Gabung pada komunitas A, B, C, D, E, dan masih banyak lagi..
  • Gabung pada Grup WhatsApp A, B, C, D, E, dan masih banyak lagi..
  • Jualan produk pakaian
  • Jualan produk makanan
  • Sambil jualan jasa desain
  • Kuliah sore
  • Kerja di sebuah Perusahaan
  • Travelling
  • Suka nulis artikel
  • Suka bikin video
  • Dan lain-lain…

Ada yang seperti itu? Ada.. dan tidak sedikit.. Banyak banget bidang yang ia ikuti… Mungkin contoh di atas agak lebay, namun intinya adalah banyaknya bidang yang ia ikuti.

Artikel Lainnya:  3 Hal yang Membuat Anda Berbohong "Aku Nggak Punya Waktu", Padahal Punya

Kalau ia tidak memilah-milih dan menata prioritas, begitu banyak yang hendak ia urus, maka wajarlah kadang ia jadi sering lupa, susah konsentrasi, bahkan panik. Yang parahnya bahkan bisa sampai sering stress, karena merasa begitu banyak beban, namun kapasitas tak mampu memikul.

Maka dari itu, haruslah kita tegas memilah dan memilih serta mensortir prioritas. Tidak mungkin semuanya bisa dikerjakan dalam waktu ringkas. Yang pasti pilihlah dan utamakan yang wajib, mendesak, dan penting terlebih dahulu.

7. Pastikan kebutuhan dan keperluan Anda sudah terpenuhi; sudah tidur, sudah makan, sudah mandi, dsb

Nah ini sebenarnya hal biasa yang barangkali sudah kita pahami bersama, namun kadang kita kurang melek.

Bisa saja, kita jadi susah menghafal dan fokus kerja karena memang:

  • Belum cukup makan
  • Kurang tidur
  • Gerah, belum mandi
  • Dan sebagainya..

Saya pribadi, kadang beberapa kali seperti itu. Sedang duduk di depan laptop, namun merasa jenuh dan kinerja tak optimal. Pernah juga bahkan tak kunjung mulai kerjaannya.

Nah, kemudian, kalau misalnya tidur dulu, atau makan dulu, atau mandi dulu; barulah tiba-tiba jadi segar dan semangat kembali. Jadi siap untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kudu dikerjakan.

8. Cobalah main game tentang latihan mengingat dan kosentrasi

Sebenarnya bisa juga daya ingat dan konsentrasi itu jadi kuat, kalau kita memang biasa melatihnya. Cara normal melatih konsentrasi itu sih yah dengan aktivitas harian kita. Namun, selain itu, bisa juga Anda coba melatihnya melalui game. Baik itu game fisik seperti olahraga, maupun game digital.

Asumsi saya Anda yang sedang membaca ini memiliki smartphone atau desktop. Nah, misalnya kalau di Playstore dan Toko Web Google Chrome itu kan lumayan banyak tuh game ber-genre puzzle yang dapat melatih daya ingat dan konsentrasi.

Nah, paling tidak, begitulah 8 tips yang bisa Anda adopsi untuk mengatasi persoalan sering lupa dan kurang konsentrasi.

Oh iya, barangkali Anda punya tips lain? Kalau ada, silahkan share di kotak komentar di bawah ini yaa.. 😀

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar