Cara Membersihkan Laptop dari Debu, Selain Harus ke Tempat Service

Cara Membersihkan Laptop dari Debu
Sumber ilustrasi: http://www.publicdomainpictures.net

Cara membersihkan laptop dari debu tampaknya sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun dengan mudah. Akan tetapi, untuk menjaga laptop agar tidak rusak dan bermasalah, kita perlu tahu bagaimana cara membersihkan yang tepat.

Karena hampir semua peralatan elektronik, khususnya laptop sangat rentan terhadap kerusakan apabila terkena cairan yang kita gunakan untuk membersihkan.

Membersihkan laptop secara rutin harus dilakukan untuk menjaga agar laptop tidak mudah terlihat kusam dan kotor serta berdebu. Lebih dari itu, membersihkan area tertentu pada laptop seperti ventilasi dan kipas perlu dilakukan untuk menjaga agar performa laptop tidak menurun dan agar panas yang dihasilkan oleh hardware di bagian dalam tidak menyebabkan masalah.

Mengapa kita perlu membersihkan laptop?

Ada dua jenis layar laptop yang kita kenal yaitu layar touchscreen dan non-touchscreen. Bagi Anda yang menggunakan laptop layar sentuh, sudah pasti layar tersebut adalah magnet bagi debu dan noda.

Apalagi jika Anda sering menggunakan jari untuk mengetik langsung di atas layar. Noda, kuman, dan berbagai bakteri tidak kasat mata akan menempel di sana Dan suatu saat bisa saja berpindah ke dalam tubuh melalui media jari-jari yang digunakan menyentuh mata atau hidung tanpa sadar.

Jadi, menjaga laptop tetap higienis adalah cara melindungi diri kita dari berbagai macam penyakit.

Untuk membersihkan laptop dari debu, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar laptop tidak rusak. Berikut adalah panduannya.

Cara membersihkan layar laptop

Setiap kali membersihkan peralatan elektronik, mulailah dengan mematikan elektronik tersebut, cabut daya dari sumber listrik. Lepas baterainya apabila memungkinkan. Membersihkan elektronik yang tersambung langsung ke listrik sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan permanen apabila tidak dilakukan dengan prosedur yang benar.

Gunakan kain microfiber yang tidak berserat dan lembut. Jika Anda tidak punya kain sejenis microfiber, maka pilihlah kain lap yang terbuat dari t-shirt atau kain lainnya yang lembut dan tidak beresiko menyebabkan goresan dan meninggalkan jejak-jejak partikel dari serat kain yang terlepas.

Artikel Lainnya:  14 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Jarang Diketahui Orang-Orang

Hindari membersihkan layar dengan menggunakan produk kertas termasuk handuk kertas, kertas toilet, atau tisu. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan atau goresan pada layar.

Hampir semua jenis kain microfiber bisa dimanfaatkan untuk membersihkan layar dan lensa. Caranya:

  • Usap layar secara perlahan dengan menggunakan kain microfiber. Usahakan untuk mengusap layar tanpa memberikan banyak tekanan. Hindari menekan terlalu keras karena dapat menyebabkan layar laptop rusak.
  • Jika dibutuhkan, bersihkan layar yang memiliki noda membandel dengan gerakan melingkar secara lembut.
  • Jangan pernah menggosok layar secara kasar karena dapat menyebabkan pixel menjadi jenuh.
  • Untuk membersihkan bingkai layar laptop, gunakan cairan pembersih. Pertama, semprotkan cairan tersebut ke arah lap yang digunakan. Jangan pernah menyemprotkan cairan langsung ke arah layar. Kemudian usapkan bingkai layar laptop secara lembut hingga bersih.

Cara membuat larutan pembersih

Larutan atau cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan laptop bisa dibuat sendiri. Yang diperlukan hanyalah air cuka yang dicampurkan air bersih biasa (air sulingan) dengan perbandingan yang sama.

Pastikan Anda menggunakan cuka biasa, bukan cuka sari apel. Sebaliknya, hindari membersihkan menggunakan alkohol, amonia, atau pelarut yang kuat pada LCD.

Cara membersihkan keyboard laptop yang benar

Cara membersihkan keyboard laptop yang benar

Kadang-kadang, kita merasa keyboard laptop tidak responsif. Tahukah Anda apa penyebabnya? Iya. Salah satu penyebabnya adalah karena bagian bawah keyboard kotor. Tapi tahukah Anda cara membersihkan keyboard notebook atau laptop?

Membersihkan keyboard laptop tidak semudah membersihkan keyboard komputer (PC). Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Matikan laptop terlebih dahulu dan pastikan laptop tidak terhubung langsung ke sumber listrik.
  • Gunakan kaleng bertekanan udara untuk meniup debu, kotoran, atau remah-remah yang ada pada bagian bawah tuts keyboard.
  • Untuk membersihkan permukaan keyboard, gunakan kain microfiber yang dibasahi dengan cairan pembersih. Pastikan cairan yang disemprotkan ke kain tidak terlalu banyak sehingga cairan tidak akan menetes ke bagian dalam laptop. Bersihkan permukaan keyboard secara perlahan satu demi satu untuk hasil terbaik.
Artikel Lainnya:  Android Versi 7.0 Resmi Luncur, Namanya Nougat

Cara membersihkan bagian dalam laptop

Tidak hanya bagian luar laptop yang perlu dibersihkan, melainkan bagian dalamnya juga tidak kalah penting. Karena debu yang menempel dapat menyebabkan kipas, hardware, heatsink, hingga ventilasi kotor.

Sebelum membersihkan bagian dalam laptop, Anda perlu sedikit waspada karena beberapa toko komputer menjual laptop dengan memberikan segel garansi di bagian lubang sekrup. Yang artinya, apabila segel tersebut rusak maka otomatis garansi juga hangus. Jadi, pelajari kartu garansi yang Anda miliki. Jika garansi memang sudah habis, Anda bisa melanjutkan membersihkan bagian dalam laptop.

Untuk bagian dalam laptop, kita membutuhkan obeng. Beberapa laptop bisa dibuka dengan menggunakan obeng kembang (+) berukuran kecil namun beberapa jenis laptop lainnya menggunakan obeng khusus. Setelah menemukan obeng yang tepat untuk membuka baut pada bagian bawah laptop. Selanjutnya pelajari cara membuka laptop dengan melihat tutorialnya melalui YouTube atau dengan melihat panduannya di website. Pastikan kata kunci yang Anda masukkan sama dengan tipe laptop yang anda miliki mulai dari merek hingga nomor serinya.

Berapa jenis laptop, kipasnya bisa dibersihkan dari bagian atas, tepatnya dengan membuka keyboard terlebih dahulu. Jadi, pastikan Anda mengetahui letak kipas secara pasti dengan mencari informasi melalui mesin pencarian dan tutorial cara membersihkan laptop sesuai dengan tipe laptop yang Anda punya.

Untuk membersihkan bagian dalam laptop, hindari menggunakan cairan apapun. Sebaliknya, gunakanlah benda benda kering yang lembut seperti kuas khusus untuk membersihkan laptop atau dengan menggunakan kaleng udara bertekanan.

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.