Ayat Al-Qur’an Tentang Menjadi Produktif

Ada lho Gaes ayat Al-Qur’an yang menganjurkan kita untuk produktif!

Kalian mungkin banyak yang udah hafal. Yaitu:

فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْۙ

“Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain).” (QS. Asy-Syarh ayat 7)

Nah dari ayat ini kita bisa ambil ibrah, misalnya nih kayak saya selesai bikin konten gini, saya lanjut ngerjain konten lainnya lagi. Atau lanjut urusan lainnya, terlepas orang zaman sekarang menyebutnya urusan dunia atau urusan akhirat, tapi selama ini amal sholeh, ibadah, yaa kerjakan aja.

Ntah itu selesai sholat tahajjud, dilanjut berdoá. Setelah berdo’a, lanjut siap-siap sholat shubuh. Setelah sholat shubuh, lanjut baca buku. Setelah sholat maghrib, lanjut baca Qur’an. Setelah baca Qur’an, lanjut ke Pengajian.

Jadi terus, kita lanjut ibadah terus.. Bahkan kita kerja cari duit, kalau itu untuk menafkahi istri & anak kita, itu ibadah juga. Kalau kita kerja, bisnis, kerja, terus income kita dipakai buat sedekah, buat bayar hutang, men-support dakwah, itu ibadah juga.

Bahkan ketika istirahat nih, jika diniatkan setelah istirahat buat lanjut ibadah lagi, itu istirahatnya ibadah juga.

Nah, jadi jangan suka nyindir & nyinyir “Si Paling Produktif” gitu yaa. Ini Al-Qur’an yang bilang lhoo, kita itu ternyata jadi seorang muslim. memang harus produktif.


Sumber gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/gelas-kaca-dengan-piring-115144/

Jangan lupa follow juga Brave and Force di Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, Twitter, & Telegram ya Guys yaa.