Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros: Buat Anggaran!

Ada satu tips ngelola uang yang baru-baru ini saya terapi setelah baca buku Manage Your CashFlow, Manage Your Life, ternyata ini lumayan efektif kalau di saya.

Sebenarnya tahunya udah dari dulu, sekitar 8-9 tahun yang lalu mungkin, tapi baru beberapa bulan terakhir ini saya bener-bener praktekin.

Yaitu, buat anggaran.

Bisa di Microsoft Excel atau Google Spreadsheet gitu untuk tools-nnya.

Jadi kita alokasikan nih, misalnya buat beli beras & lauk berapa, buat beli sabun berapa, cemilan berapa, dan tagihan-tagihan lainnya. Termasuk nanti buat sedekah berapa, buat ditabung berapa.

Ini bagus banget juga biar nggak kebablasan uang habis. Misalnya jatah buat cemilan itu, Rp300.000 per bulan. Nah, jadi kalau misalnya udah tanggal 20 udah habis tuh jatah Rp300.000-nya, yaudah, nggak boleh jajan cemilan lagi.

Atau sebaliknya, kalau udah mau tanggal 30, tapi jatah Rp300.000 itu masih belum terpakai, silahkan pakai aja boleh.

Mungkin di awal-awal, nggak berjalan dengan baik. Ntah misal ada yang miss, alokasinya kekurangan, atau justru kelebihan; itu nggak apa-apa, wajar di awal-awal kok.

Yang penting kaizen aja kan. Evaluasi. Muhasabah.

Dulu saya sempat berhenti yaa karena realitasnya gak berjalan ideal. Tapi sebenarnya bukan soal tips buat anggaran ini yang salah. Ini tips udah bagus. Yang salah itu yaa mental gampang menyerahnya, dan nggak kaizen-nya itu aja sebenarnya.


Sumber gambar:

  • https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-uang-memegang-dompet-8719571/
  • https://www.gramedia.com/products/manage-your-cash-flow-manage-your-life