Cara yang Bener Minum Kopi Kalau untuk Ningkatin Produktivitas

Gimana caranya minum kopi yang bener, agar kita bisa produktif, part ke-2.

Di buku Make Time ini, katanya, sebaiknya kita mulai minum kopinya itu di sekitar pagi menjelang siang aja, sekitar jam 09:30 sampai 10:30 WIB gitu misalnya.

Paling maksimal, bisa saat siang menjelang sore lah. Mungkin di sekitar jam 2-an gitu.

Kenapa nggak pagi banget aja? Pas bangun tidur gitu? Atau malam?

Karena katanya, agar kita nggak ngantuk di pagi hari itu, sebenarnya cukup mengandalkan kinerja hormon kortisol aja, yang notabene mulai banyak diproduksi di pagi hari itu. Jadi kafein nggak terlalu ngefek di sini.

Sementara kalau malamnya, kurang recommended konsumsi kafein, karena kalau masih ada kafein yang masih bertahan di tubuh kita saat kita akan tidur, itu bisa mengurangi kualitas tidur kita.

Kalau temen-temen pernah tahu teori ritme sirkardian, tidur itu sebenarnya bukan cuman soal kuantitas (banyak-banyakan jamnya gitu), tapi penting juga soal kualitas. Kapan-kapan nanti kita bahas lah yaa soal ritme sirkardian ini.

Singkat cerita, nanti di situ ada yang namanya deep sleep. Deep sleep ini fase tidur yang lagi nyenyak-nyenyaknya, bagian dari tidur yang paling penting, yang menentukan kualitas tidur kita. Nah kalau di tubuh kita masih banyak kafeinnya, maka fase deep sleep ini bisa terganggu, nggak optimal dia.

Kalau kualitas tidur kita terganggu, yaa ujung-ujungnya besoknya gampang ngantuk & gampang capek, akhirnya nggak produktif juga.

Nah, begitu.

Oh iya tapi ini perlu ada disclaimer yaa.

  • Pertama, ini kita bahas ngopi dalam konteks produktivitas yaa, bukan dalam konteks cari rasa enak ngopi kayak ngemil gitu.
  • Kedua, sebenarnya nggak mesti kopi, tapi apa aja yang mengandung kafein.
  • Ketiga, ini cuman tips aja yaa. Hasil yang didapat tiap orang bisa berbeda-beda, tergantung kondisi tubuhnya masing-masing.

Untuk lebih detailnya temen-temen bisa baca buku Make Time ini.

Buku Make Time

Temen-temen bisa beli di Tokopedia ataupun Shopee:

Bagus nih. 👌👍


Sumber gambar:

  • https://pixabay.com/id/photos/kopi-cangkir-cangkir-kopi-kopi-mug-819362/
  • https://id.depositphotos.com/324518872/stock-illustration-circadian-rhythm-vector-illustration-labeled.html
  • https://ebooks.gramedia.com/id/buku/make-time-cara-fokus-pada-hal-hal-penting-setiap-hari