Faktanya Kadang Tips Produktif Bisa Kurang Ampuh Kalau Kita Kurang 2 Hal Ini: Keuangan & Kesehatan

Kadang tips-tips produktif itu kurang ampuh & kayak kurang ngefek ke kalian, bisa jadi karena 2 hal ini.

Yaitu, kurang keuangannya, dan kesehatannya.

Ini bukan ngeles atau excuse gitu yaa. Di beberapa kasus, ini kejadian. Fakta.

Misalnya nih kalau dana kita sedikit, cuman bisa beli HP & laptop yang memorinya rendah, kadang loading-nya lambat banget, itu mengambat juga sih. Pas giliran ganti gadget baru yang memorinya lebih banyak, wuih asli membantu banget itu kalau loading kayak bikin konten gini, kalau bisa cepat ini nambah produktif banget.

Terus soal kesehatan, kalau misalnya sorry to say, kita pola tidurnya berantakan, asupan kalori, gula, dan sebagainya nggak dijaga, gak olahraga; itu bisa aja kan kita sering pegel-pegel, gampang ngantuk, bahkan sakit, akhirnya nggak produktif.

Maka saya pernah berfikir & buat kesimpulannya, ini perlu dicatat yaa:

“kadang, kalau kita bahas ilmu soal gimana agar produktif, termasuk manajemen waktu; itu nggak bisa dipisahkan juga pengaruhnya dari ilmu manajemen keuangan dan manajemen kesehatan diri.”

Nah maka kesimpulannya. Sebaiknya selain kalian belajar ilmu soal manajemen waktu, tekniks produktif dan sebagainya, sebaiknya kalian cicil juga belajar ilmu mengelola keuangan dan kesehatan. Kesehatan ini termasuk kayak nutrsi, biologi, kimia, tapi yang praktis aja, selama sumbernya kredibel, nggak mesti semua orang kuliah jurusan gitu juga.

Sedikit-sedikit dulu aja pelajari nggak apa-apa kok. Cicil-cicil aja, pelan-pelan aja nggak apa-apa. Okey? 😉👌

Sambil jalan, seadanya aja nggak apa-apa. Jangan dijadiin alasan kayak ngeles juga sih yaa mentang-mentang kurang dana & kurang sehat nanti jadi malas ngapa-ngapain. Yaa nggak gitu juga. Kan bisa jalan paralel.

Ibarat nilai, kalau produktivitas kita itu bisa dinilai, yaa nggak apa-apa di awal mungkin nilainya cuman 4, 5, 6. Tenang aja ini kan bukan Sekolah yang harus langsung dapat nilai minimal 8 misalnya. Nggak apa-apa nanti mungkin lama-lama jadi dapat nilai 7. Perlahan setelah jalan beberapa bulan, mulai semakin sehat, mulai ada dananya, insyaAllah kalau bisa dapat nilai 8, 9, bahkan 10.

Jangan lupa follow juga Brave and Force di Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, Twitter, & Telegram ya Guys yaa.