Manfaat Daun Mint dan Cara Mengolahnya

khasiat dan manfaat daun mint
Source: https://syiir.com/

Daun mint merupakan salah satu jenis tanaman herbal aromatik yang memiliki berbagai macam jenis manfaat karena di dalam daun ini terdapat kandungan zat bermanfaat yang cukup banyak untuk digunakan oleh manusia.

Kandungan utama dari minyak daun mint adalah menthol (kandungan tertinggi mencapai 73,7% hingga 85,8%), menthone dan metil asetat. Selain itu, terdapat juga berbagai kandungan seperti, monoterpene, menthofuran, sesquiterpene, triterpene, flavonoid, karotenoid, tannin dan beberapa mineral lain juga bisa ditemukan dari minyak daun mint.


Menthol ini merupakan sebuah zat sangat berkhasiat jika digunakan sebagai obat penenang, antibatuk, menghangatkan, dan bisa menginduksi keringat. Bahkan minyak ini memiliki sifat yang mudah menguap, tidak berwarna, berbau tajam dan mampu menimbulkan rasa hangat diikuti dengan rasa dingin yang menyegarkan.

Karena memiliki banyak kandungan zat dan manfaat yang baik, sehingga daun mint ini sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan obat, bahkan daun ini juga sering digunakan untuk penambah aroma pada masakan dan minuman. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai pelengkap bahan dari alat kosmetik maupun bahan kecantikan lainnya.


Nah, untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat daun mint dan cara mengolahnya yang bisa Anda gunakan.

1. Kesehatan Kulit

manfaat daun mint untuk kecantikan
Source: pixabay.com

Manfaat pertama dari daun mint yang bisa dimanfaatkan adalah untuk perawatan kesehatan kulit, terutama untuk menjaga kecantikan kulit yang sehat dan halus dari seorang wanita, caranya dengan mandi menggunakan daun mint.

Hal yang harus Anda persiapkan adalah dengan menyiapkan air pada ember secukupnya, kemudian tambahkan daun mint dan di remas-remas hingga menyatu pada air yang akan digunakan untuk mandi.

Selain untuk mandi Anda juga bisa menggunakannya untuk masker wajah, caranya adalah mempersiapkan 30 gram daun mint segar dan dicampur dengan 100 gram mentimun yang telah di kupas dan bubuk hingga halus.

Kemudian tambahkan juga yogurt tawar (2 sendok makan) dan juga perasan lemon (1 sendok makan). Aduk rata hingga menjadi pasta, lalu Anda bisa langsung oleskan pada wajah sebagai masker, diamkan selama 20 menit barulah bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

2. Menurunkan Berat Badan

manfaat daun mint untuk diet
Source: shutterstock.com

Selain digunakan untuk perawatan kesehatan, daun mint juga bisa Anda manfaatkan sebagai solusi untuk melakukan program diet.

Bahwasanya daun ini sebenarnya memiliki serat dan mineral yang cukup tinggi, karena serat dan mineral inilah yang mampu memperlancar pencernaan tubuh lebih baik sehingga akan mengurangi resiko akan terserang sembelit atau untuk penyakit pencernaan yang lainnya.

Untuk lebih mudah mengkonsumsinya Anda bisa mengolahnya dengan menambahkan ke jenis makanan tertentu, bisa juga dicampurkan ke dalam teh, atau diolah menjadi jus dengan mencampurkan buah lain supaya bisa di konsumsi secara rutin.

3. Memutihkan Gigi

cara memutihkan gigi dengan daun mint
Source: pixabay.com

Salah satu manfaat yang jarang diketahui oleh orang dari daun mint adalah dapat memutihkan gigi Anda yang tampak kekuningan. Untuk penggunaannya sangat mudah, Anda bisa mengambil beberapa helai daun mint secukupnya, kemudian tumbuk hingga benar-benar halus seperti pasta.

Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan pada bagian gigi secara merata dan tidak lupa untuk melakukan gosokan kecil dengan tangan maupun sikat gigi agar pasta daun mint bisa sampai kecelah-celah gigi Anda.

Tetap lakukan cara ini kurang lebih 2 sampai 3 kali dalam seminggu setelah makan. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal, tidak ada salahnya juga untuk melakukan kegiatan ini setiap hari.

Avatar
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.