Renungan Buat yang Nggak Sabar Pingin Cepat-Cepat Berhasil & Akhirnya Nggak Konsisten Berproses…

Ini renungan buat yang suka nggak konsisten berproses ngerjain project-nya… Nggak sabar pingin cepat-cepat berhasil… Atau kasarnya dalam tanpa kutip (sorry yaa) cuman ‘anget-anget tai ayam’. Baru jalan sebentar, udah berhenti.

Coba lihat tauge, jagung, dan kelapa sawit yang di Kebun atau sawah gitu.

  • Tauge itu udah bisa siap dipanen dalam 2-6 hari.
  • Kalau jagung, itu sekitar kurang-lebih 3 bulan.
  • Kalau kelapa sawit, biasanya 3 tahun.

Nah coba kita cek apa yang kita perjuangkan. Kira-kira dia termasuk yang mana? Kalau kepingininnya cuman minum boba, yaa bisa lah instant didapat.

Tapi kalau mau yang agak lama, ngilangin jerawat, turunin berat badan lah, yaa nggak bisa lah instant. Apalagi kalau mau cara yang aman. Kalau mau bener-bener signifikan hasilnya, kadang nunggu paling nggak 1 bulan. Kalau udah 2-3 bulan biasanya bisa lebih signifikan.

Nah kalau mau bangun bisnis, jadi content creator yang followers-nya jutaan? Mana bisa cuman 3-4 hari, cuman 2 minggu, yaa wajar giliran hasilnya ga sesuai ekspetasi, akhirnya stop.

Apalagi mau membangun kemajuan suatu negeri?

Ini game jangka panjang Bro and Sis.

Kalau di analogi lain, ini lari marathon, bukan lari sprint.

Nah coba sekarang cek, project yang kamu hampir menyerah itu, itu lebih ke kayak yang mana analoginya? Kayak tauge, kayak jagung, atau kayak kelapa sawit? Kalau kayak jagung atau kelapa sawit, yaa jangan harap cuman seminggu panen lah! Nggak masuk akal!


Sumber gambar:

  • https://kumparan.com/kumparanbisnis/mimpi-ptpn-iii-kalahkan-sime-darby-perusahaan-sawit-dunia-dari-malaysia-1y80rFODodM
  • https://blog.crowde.co/fase-vegetatif-generatif/
  • https://stock.adobe.com/sg/search?k=tauge