Satu Tips Produktif yang Efektif Banget di Kami Dari Dulu: Buat To-Do List!

Satu tips produktif yang selalu efektif banget di kami, udah betahun-tahun kami pakai, yaitu: buat to-do list!

Ada 2 alasannya.

Pertama, ini bukan sembarang to-do list yaa. To-do list ini mesti sudah hasil break down dari apa aja hal-hal yang mesti kita lakukan, untuk mendekatkan kita ke tujuan kita. Jadi kalau kita kerjakan, insyaAllah semakin jalan lah kita ke tujuan kita. Kalau kita bolos, ga dikerjain, berarti bisa jadi kita stagnan.

Kedua, ini bisa bantu kita terhindar dari berbagai distraksi. Kalau menurut saya, push notif-push notif yang muncul di HP, notif social media, dsb; itu ibarat mirip kayak to-do list juga. Jadi kalau ibarat kata, kita nggak dipanggil oleh to-do list yang kita buat sendiri, yaa kita bakal dipanggil untuk ngerjain to-do list yang dibuat oleh socmed dan sebagainya itu. Hingga akhirnya kita tenggelam jadi scroll-scroll nggak jelas, nonton macem-macem, komen-komen macem-macem, debat di Grup, dan sebagainya.

Oh iya btw sedikit disclaimer, makna to-do list ini umum yaa, to-do list itu kan secara bahasa artinya daftar apa aja yang mau dikerjain. Kalau yang lain pakai istilah ada check list, action-plan, time-blocking, journaling, dan sebagainya; menurut saya itu sama saja sih atau sedikit mirip lah sama to-do list juga.

Kalau kalian pakai to-do list juga nggak Gaes? Boleh cerita-cerita di kolom komentar yaa.

 

 

 

Jangan lupa follow juga Brave and Force di Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, Twitter, & Telegram ya Guys yaa.