Siapa Bilang Masalah Politik itu Di Luar Kontrol Manusia?

Nggak usah pusing bahas politik, karena itu di luar kontrol kita?

Kalian mungkin udah pernah dapat penjelasan tentang ada hal-hal yang di dalam kontrol kita, dan ada yang di luar kontrol kita.

Dan sebagian orang katanya urusan politik termasuk di luar kontrol, jadi nggak usah terlalu dibahas.

Hmm.. agak kurang tepat sih.

Pertama, apa yang bisa kita kontrol & nggak kontrol itu bisa aja tiap orang berbeda-beda. Dan di masa depan bisa aja berubah. Antara bayi, pelajar, staff, manajer; bisa berbeda kan kemampuannya.

Nah termasuk soal politik, kalau kita pejabat, atau kenal pejabat, bisa aja sebagian urusan kebijakan itu termasuk dalam kontrol kita kan.

Setidaknya kalau kita aktivis dan akademisi, itu kadang efektif juga, apa yang kita serukan, konsepkan, sampaikan, nggak jarang cukup berpengaruh.

Yang kedua, yaa minimal, kita itu menjalankan kewajiban menasehati lah. Kan ada yang namanya kontrol sosial.

Dan mindset kita itu, setiap yang wajib itu, insyaAllah pasti masuk ke wilayah yang bisa kita kontrol.

Apalagi sebagai seorang muslim, Allah udah bilang kan, la yukallifullahu nafsan illa wus’aha. Allah gak akan ngebebani kita di luar kesanggupan kita.

Kayak amar ma’ruf nahi munkar itu kan termausk kontrol sosial.

Jadi ketika Allah mewajibkan amar ma’ruf nahi munkar misalnya, walau menurut dugaan kita itu sulit, kita harus optimis jalanin.

Dan yang ketiga, politik itu jangan dipikir kayak game lari sprint. Politik itu kayak game lari marathon. Jangka panjang mainnya. Bahkan bisa lintas generasi.

Kalau politik itu dikira game jangka pendek, yaa wajar akhirnya politik itu dianggap di luar kontrol manusia karena ditungguin hasilnya nggak ada.