Ternyata Gula Itu Ada Hubungannya dengan Nggak Produktif Lhoo

Siapa di sini yang gampang mengantuk, padahal udah cukup tidur?

Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah gula.

Yes, ternyata bahas gula itu ada hubungannya dengan pembahasan produktivitas lhoo.

Mungkin kalau soal dampak gula itu berakibat gula darah tinggi kemudian diabetes, obesitas, dan sebagainya, udah banyak yang tahu.

Tapi ada lagi lanjutannya yang mungkin belum banyak orang yang tahu, yaitu pengidap obesitas & diabetes itu cenderung mudah mengantuk.

Dan kalau di buku Make Time ini, lumayan banyak juga bahas untuk mengurangi banget konsumsi gula, dalam rangka agar kita tetep punya energi, nggak gampang capek, dan bisa tetep produktif.

Nah tips praktisnya, coba kalian bisa coba lihat berapa kandungan gula dari suatu makanan atau minuman itu dari nutrition facts yang ada di kemasannya. Atau, untuk makanan lain, bisa di https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi. Atau aplikasinya di PlayStore dan AppStore juga ada.

Nah, kalau rekomendasi dari Kemenkes, paling maksimal itu sehari 50 gram gula.

Jadi silahkan kalian kira-kira yaa, kalau kayaknya selama ini atau nanti-nanti udah mendekati 50 gram gula yang dikonsumsi, atau bahkan lebih, saatnya dievaluasi & dikurangi.


Sumber gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/gula-penuh-warna-permen-lezat-5469044/

 

Referensi:

  • https://www.merdeka.com/sehat/obesitas-penyebab-utama-ngantuk-di-siang-hari.html
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/diabetes/anda-sering-mengantuk-waspada-gejala-diabetes
  • https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20211224083629-33-301654/anda-sering-mengantuk-waspadai-gejala-diabetes#:~:text=Kebiasaan%20mudah%20mengantuk%20bisa%20jadi,sering%20mengantuk%2C%20dan%20kehilangan%20energi.
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/diabetes/anda-sering-mengantuk-waspada-gejala-diabetes
  • https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220927/2841159/konsumsi-gula-berlebih-waspadai-risikonya/#:~:text=Direktur%20Jenderal%20Pencegahan%20dan%20Pengendalian,%2C%20obesitas%2C%20dan%20diabetes%20melitus.

 

 

Jangan lupa follow juga Brave and Force di Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, Twitter, & Telegram ya Guys yaa.